Polda imbau pengguna kendaraan mudik tak melebihi kapasitas

id Polda, mudik, lalulintas

Polda imbau pengguna kendaraan mudik tak melebihi kapasitas

Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad (Damiri/Antaralampung.com)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung mengimbau kepada masyarakat khususnya para pengguna kendaraan agar tidak melebihi kapasitas saat melaksanakan arus mudik jelang hari raya Idul Fitri.

"Masyarakat yang menggunakan kendaraan mobil maupun sepeda motor agar tidak melebihi kapasitas penumpang pada saat mudik mendatang," kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung, Jumat.

Pandra melanjutkan para pemudik yang menggunakan kendaraan diwajibkan juga untuk mengecek kembali kendaraannya mulai dari rem, tekanan angin pada ban dan sebagainya. 

Selain itu juga diimbau agar para pengguna kendaraan selalu mengecek fisik  agar tidak kelelahan hingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan lainnya.

"Kita akan memasang berbagai spanduk imbauan di jalan-jalan dan kita juga akan memasang posko-posko untuk pengendara yang akan istirahat sejenak," katanya.

Sebelum pelaksanaan arus mudik mendatang personel jajaran Polda Lampung maupun polres/polsek akan menggelar operasi keselamatan untuk upaya menekan keselamatan pada arus mudik dan balik Lebaran tahun 2019 ini.

"Dua pekan pelaksanaan arus mudik jajaran akan menggelar operasi keselamatan dan sekarang sedang kita persiapkan. Sekali lagi kepada pengguna agar tidak melawan arus saat berkendara," katanya.