Kebangkrutan American Airlines Tekan Pasar Saham AS

id saha,

New York (ANTARA/AFP) - Pengajuan perlindungan kebangkrutan Bab 11 American Airlines telah memperlemah momentum kenaikan di pasar Amerika Serikat pada Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB), dengan indeks utama berakhir di atas garis netral.
        
Prediksi yang lebih positif tentang kemampuan Eropa untuk memecahkan krisis utang benua itu yang sedang berlangsung dan data konsumen AS yang kuat sebagian diimbangi oleh kebangkrutan American Airlines (AA) dan peringatan pada utang AS.
        
"Pasar saham memperpanjang rally kemarin yang dibantu oleh berita positif dari Eropa dan beberapa data ekonomi menggembirakan," kata Scott Marcouiller dari Wells Fargo.
        
Induk perusahaan maskapai bermasalah AMR mengajukan permohonan pailit pada Selasa pagi dengan tujuan menempatkan keuangannya teratur sambil tetap pesawat-pesawatnya terbang di langit dan penumpang tetap di kursinya.
        
Itu membingungkan pasar saham karena pemilik sahamnya sendiri, AMR, masuk ke terjun bebas, terjun 84 persen pada akhir perdagangan.
        
Tetapi indeks mempertahankan ketenangan mereka, didukung sebagian oleh rilis sebuah survei baru pada Selasa yang menunjukkan kepercayaan konsumen AS pada November meningkat tajam dari bulan sebelumnya, setelah berbulan-bulan menurun.
        
"Indeks kepercayaan konsumen bangkit kembali dari terendah dua setengah tahun pada November menjadi 56 dan mengalami peningkatan poin terbesar sejak 2003," kata Marcouiller.