Minggu, 24 September 2017

Gempa Meksiko, Situasi kritis dan paling mengerikan

id Gempa Meksiko, gempa bumi, tsunami
Gempa Meksiko, Situasi kritis dan paling mengerikan
Gempa bumi dirasakan di lima negara bagian Meksiko. Gedung tinggi runtuh du Mexico City, sekitar 350 kilometer dari pusar gempa berkekuatan 8,1 skala Richter. (Reuters/financialexpress.com)
Juchitan, Meksiko (Antara/Reuters) -  "Situasi di Juchitan kritis, ini adalah saat yang paling mengerikan dalam sejarah," kata Wali Kota Juchitan Gloria Sachez, demikian laporan Reuters dan disiarkan Antara Lampung, Sabtu.
 
Ia menyatakan itu setelah terjadinya gempa yang durasinya cukup lama dan bergemuruh. Gempa juga mengguncang dua negara lain, yaitu Guatemala dan El Savador.
         
Para warga yang kaget berjalan melewati reruntuhan sekitar 100 bangunan yang runtuh, termasuk rumah, toko cabang penjualan Volkswagen serta balai kota Juchitan.
         
Seluruh korban tewas merupakan penduduk negara-negara bagian yang terletak di dekat pusat gempa.
         
Di Oaxaca, 45 orang tewas, di Chiapas 10 orang dan di Tabasco tiga, kata kepala badan perlindungan sipil Meksiko, Luis Felipe Puentes.
         
Gubernur Chiapas Manuel Velasco mengatakan 12 orang tewas di Chiapas, yang menjadikan jumlah keseluruhan korban tewas menjadi 60 orang.
         
Di Chiapas, wilayah tempat tinggal banyak kelompok etnis Meksiko, ribuan orang di daerah pesisir dievakuasi sebagai antisipasi ketika gempa disusul dengan peringatan tsunami.

Antara/Reuters
T Mutiasari

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0073 seconds memory usage: 0.45 MB