Komnas HAM Bahas Rencana Pembentukan Perwakilan Lampung

id logo komnas ham

Komnas HAM Bahas Rencana Pembentukan Perwakilan Lampung

Komnas HAM (twiter)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mengadakan diskusi publik "Urgensi Pembentukan Kantor Perwakilan Komnas HAM di Lampung" yang diselenggarakan di Kampus Universitas Lampung, Bandarlampung, Jumat.

Menurut pelaksana diskusi Komnas HAM itu, dalam suratnya, Ketua Komnas HAM Dr M Imdadun Rahmat menyampaikan bahwa dalam rangka pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia, Komnas HAM dapat membentuk perwakilan di daerah. Pembentukan perwakilan itu berdasarkan situasi HAM di daerah tersebut.

Disebutkan, banyak pengaduan adanya pelanggaran HAM ke Komnas HAM terjadi di Provinsi Lampung, sehingga memerlukan perhatian khusus.

Berkaitan itu, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo telah pula mengajukan dukungan agar Komnas HAM membentuk kantor perwakilan di Lampung. Komnas HAM juga sependapat dengan Pemprov Lampung.

Karena itu, berbagai tahapan harus ditempuh sebelum membentuk kantor perwakilan Komnas HAM di Lampung, sehingga perlu menggelar diskusi publik tersebut bekerjasama dengan Universitas Lampung.

Diskusi publik digelar di Kampus Universitas Lampung pada Jumat siang, dengan mengundang berbagai kalangan, yaitu pemerintahan, akademisi, praktisi dan profesional, para aktivis LSM, pegiat HAM, dan berbagai pihak lainnya.

Sejumlah kalangan aktivis dan pegiat HAM di Lampung mendukung rencana pembentukan perwakilan Komnas HAM di Lampung, mengingat sejumlah permasalahan dan konflik yang dapat berdampak pada pelanggaran HAM masih terus terjadi di daerah ini, seperti kasus sengketa lahan dengan perusahaan dan pihak lain, tindakan aparat penegak hukum maupun oknum pejabat dan aparat yang cenderung sewenang-wenang kepada masyarakat, maupun indikasi pelanggaran HAM lainnya.  (Ant)