United juara Piala FA

id Mata, juan mata, piala fa, lingard, manchester united, matta

United juara Piala FA

Juan matta (www.mirror.co.uk)


London, (Antara/Reuters) - Manchester United menjuarai Piala FA untuk pertama kalinya sejak 2004 melalui kemenangan 2-1 lewat perpanjangan waktu atas Crystal Palace, berkat sepakan voli pemain pengganti Jesse Lingard di Wembley pada Sabtu.

Kedudukan imbang 1-1 setelah pertandingan berlangsung 90 menit, di mana Jason Puncheon masuk sebagai pemain pengganti untuk membawa klub asal London, Palace, memimpin pada menit ke-78 sebelum Juan Mata menyamakan kedudukan tiga menit kemudian.

United harus kehilangan Chris Smalling yang mendapat kartu merah pada menit ke-105, namun Lingard menjadi pahlawan timnya lima menit kemudian untuk memberikan trofi perdana bagi manajer Louis van Gaal dalam dua tahun masa kepelatihannya di Old Trafford.

"Fantastis untuk memenangi gelar ini bagi klub, para penggemar, dan juga bagi saya," kata pria asal Belanda itu. "Sekarang saya telah memenangi Piala di empat negara. Tidak banyak manajer yang mampu, sehingga saya sangat gembira."

Palace yang tidak diunggulkan membuka keunggulan ketika Puncheon, yang baru masuk enam menit sebelumnya, mengendalikan bola panjang menuju kotak penalti dan melepaskan tembakan melewati kiper David de Gea.

Namun tiga menit kemudian Wayne Rooney menerobos pertahanan Palace dan mengirim umpan silang ke jantung pertahanan lawan, yang diteruskan sundulan Fellaini kepada Mata untuk menyamakan kedudukan.

Bermain di babak kedua masa tambahan waktu dengan sepuluh pemain setelah Smalling diusir keluar lapangan karena menerima kartu kuning kedua, United memenangi pertandingan melalui sepakan Lingaard sepuluh menit sebelum pertandingan usai.