Pasar Mulai Pulih Harga Sembako Masih Tinggi

id pasar, harga sembako, tinggi, caai, beras, bawang, ayam, bawang merah brebes, pasar kangkung, pasir gintung

Pasar Mulai Pulih Harga Sembako Masih Tinggi

ilustrasi Pasar Tradisional (dokumen ANTARA)

Hari ini saya masih menjual ayam Rp32.000/kg, karena barangnya masih agak langka."
Bandarlampung, (ANTARA LAMPUNG) - Suasana kegiatan jual-beli pada sejumlah pasar di Kota Bandarlampung Provinsi Lampung mulai pulih, Minggu,  namun masih ditandai tingginya harga sejumlah bahan pokok.
       
Hasil pemantauan langsung di Pasar Kangkung, Telukbetung, Kota Bandarlampung, menunjukkan, harga ayam potong pedaging masih tinggi yakni Rp30.000 sampai Rp32.000/kg.
   
"Hari ini saya masih menjual ayam Rp32.000/kg, karena barangnya masih agak langka," kata pedagang ayam di pasar tersebut, Purwanto (50).      

Dia menyebutkan, harga barang-barang kebutuhan itu akan normal kembali sekitar Senin (4/8) nanti.
        
Sementara itu, harga cabe merah besar masih sekitar Rp30.000/kg, cabai rawit Rp45.000 sampai Rp50.000.
        
Bawang putih  ukuran besar (kating)  Rp28.000/kg, bawang putih biasa Rp24.000/kg, dan bawang merah asal Brebes Rp28.0000/kg.
        
Para pedagang menyebutkan, meski sudah mulai berjualan namun barang dagangan yang dibawanya belum sebanyak hari-hari biasa sehingga cepat habis.
        
Bahkan, banyak barang yang belum ada pasokan ke pasaran, misalnya telur itik (bebek) meski calon pembelinya cukup banyak.
        
"Telur bebek masih kosong, belum ada yang memasok," kata pedagang telur di Pasar Kangkung, Suyanto (45).
        
Pemantauan di pasaran juga menunjukkan, masih banyak toko, kios, dan lapak-lapak di pasar-pasar itu yang kosong karena belum semua pedagang sembako dan sejensinya berjualan karena masih dalam suasana libur panjang Idul Fitri 1435 H/2014 M.
        
Sebelumnya, Kepala Dinas Koperindak dan UKM Provinsi Lampung, Ferynia menjelaskan, persediaan sembako, daging daging ayam dan daging sapi di Provinsi Lampung sangat aman sejak menghadapi puasa Ramadhan hingga Idul Fitri 1435 H/2014 M.
        
Persediaan daging ayam di Lampung selama bulan Juni dan Juli 2014 sebanyak 37.939 ton, sementara kebutuhannya hanya sekitar 15.213 ton.
        
"Persediaan sembako di Lampung aman, masyarakat tidak perlu khawatir, karena barang yang persediannya kurang di Lampung bisa didatangkan dari daerah lain dengan cepat," kata Ferynia.