BRI terus komitmen kembangkan desa BRILiaN

id Lampung, bri, brilian, desa brilian

BRI terus komitmen kembangkan desa BRILiaN

BRI terus komitmen kembangkan desa BRILiaN. ANTARA/HO

Program desa BRILiaN telah diikuti lebih dari 3.000 desa yang aktif tergerak berinisiatif dan berkomitmen untuk maju melalui program-program telah direncanakan.
Bandarlampung (ANTARA) - Department Head Micro Ecosystem 1 BRI Regional Bandarlampung Yori Verdian mengatakan, desa BRILiaN di Provinsi Lampung merupakan hasil penjaringan dari PT Bank Rakyat Indonesia/BRI (Persero) dan Pusat Penelitian Pedesaan dan Pengembangan (Puslitdesbangda) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Ia menjelaskan, Provinsi Lampung mengirimkan dua desa yang masuk di jajaran 15 desa terbaik desa BRILiaN, yaitu Desa Sri Bawono, Kecamatan Way Seputih, Kabupaten Lampung Tengah, dan Desa Karang Pucung, Kecamatan Way Sulan, Kabupaten Lampung Selatan.

Kedua desa tersebut akan bersaing dengan peserta desa dari seluruh Indonesia untuk menjadi yang terbaik dan terpilih menjadi pemenang pada pemilihan desa BRILiaN tahun 2024.

“Pada prosesnya calon desa Brilian akan mengikuti serangkaian pelatihan selama 14 kali pertemuan, agar potensi desa lebih berkembang secara optimal dan sesuai dengan profil desa Brilian. Selain itu, kami terus lakukan pembinaan dan sosialisasi kepada desa tersebut salah satunya dalam proses asistensi langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS langsung dari Solo pada Juni 2024 lalu,” katanya pula.

Program ini merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul serta semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

Sejak dijalankan pada tahun 2020, program desa BRILiaN telah diikuti lebih dari 3.000 desa yang aktif tergerak berinisiatif dan berkomitmen untuk maju melalui program-program yang telah direncanakan.

Desa BRILiaN mengembangkan 4 aspek yang terdapat dalam desa. Pertama, BUMDes sebagai motor ekonomi desa. Kedua, digitalisasi, implementasi produk dan aktivitas digital di desa. Ketiga, sustainability, tangguh dan secara kontinu dalam membangun desa. Keempat, Innovation, kreatif dalam menciptakan inovasi.

"Program pemberdayaan Desa BRILiaN ini merupakan wujud nyata BRI yang terus berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi dan social value kepada masyarakat. Semoga dapat memberikan kontribusi nyata dan positif bagi kebangkitan ekonomi masyarakat desa," ujar Yori pula.

Desa BRILiaN yang digagas oleh PT BRI untuk mengembangkan desa-desa di Indonesia menjadi lebih maju dan sejahtera melalui program pemberdayaan berbasis digital.

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa, program Desa BRILiaN, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pengembangan ekonomi lokal. Ini dicapai dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat desa untuk mengoptimalkan potensi ekonomi mereka, khususnya di sektor pertanian, peternakan, dan industri kreatif.

Selanjutnya, digitalisasi dan inovasi desa BRILiaN juga bertujuan untuk mengakselerasi adopsi teknologi digital di desa-desa, termasuk penggunaan platform digital untuk transaksi keuangan, pemasaran produk lokal, dan peningkatan akses informasi.

“Dengan demikian, masyarakat desa dapat lebih terhubung dengan pasar yang lebih luas dan dapat memanfaatkan teknologi digital untuk kemajuan desa baik dalam aktivitas maupun pengelolaan keuangan desa,” katanya lagi.

Peningkatan kapasitas SDM program ini menyediakan pelatihan dan pendidikan bagi masyarakat desa untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Hal ini mencakup pelatihan dalam bidang kewirausahaan, literasi keuangan, dan penggunaan teknologi.

“Kolaborasi dan sinergi desa BRILiaN juga bertujuan untuk menciptakan ekosistem yang kolaboratif antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam membangun desa yang berkelanjutan. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan desa-desa dapat tumbuh dan berkembang dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada,” ujarnya pula.

Yori menjelaskan, keberlanjutan dan ketahanan salah satu tujuan utama program ini adalah memastikan bahwa desa-desa dapat mandiri dan berkelanjutan dalam jangka panjang, baik dari segi ekonomi maupun sosial, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Program Desa BRILiaN adalah upaya nyata untuk menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang dinamis, inovatif, dan berdaya saing tinggi di era digital.
Baca juga: Desa Karang Pucung menjadi 15 desa terbaik dari desa BRILian
Baca juga: Masuk 15 desa terbaik, Desa Sri Bawono Lampung Tengah ikuti desa BRILian sejak 2019