Jokowi puji kemenangan Timnas lawan Vietnam di Piala Asia 2023

id Joko Widodo,Vietnam,Garuda ,Timnas Indonesia,Piala Asia,Qatar

Jokowi puji kemenangan Timnas lawan Vietnam di Piala Asia 2023

Presiden RI Joko Widodo saat ditemui usai menghadiri acara Hari Lahir (Harlah) ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo memuji kemenangan Timnas Indonesia melawan Vietnam dengan skor akhir 1-0 pada Piala Asia 2023 Qatar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Jumat (19/1).

Presiden mengaku menonton pertandingan tersebut hingga larut malam. Kepala Negara juga memuji permainan bagus dari tim Garuda.
"Indonesia vs Vietnam 1-0, sampai jam 12 kurang saya nonton. Pemainnya bagus sekali. Pemainnya bagus sekali. Mainnya bagus sekali," kata Presiden Jokowi saat ditemui usai menghadiri acara Hari Lahir (Harlah) ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Adapun Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 Qatar, Jumat (19/1).

Sang kapten Asnawi Mangkualam Bahar menjadi aktor kemenangan Indonesia dimana berkat penalti dinginnya pada menit ke-42, berhasil memperdaya kiper Vietnam Filip Nguyen dan membawa tiga poin perdana bagi Garuda di Piala Asia 2023.

Kemenangan ini membuat Indonesia mendapatkan tambahan 23,18 poin dan membuat poinnya yang semula 1053,60 menjadi 1076,78.

Tambahan poin ini membuat Merah Putih melejit lima peringkat dari peringkat 147 ke peringkat 142 ranking FIFA.

Selain melesat di ranking FIFA, Indonesia juga naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup D dengan tiga poin, mengoleksi poin yang sama dengan raksasa Jepang yang baru saja kalah 1-2 dari Irak pada laga kedua.

Hal ini membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar terbuka lebar. Terlebih, pasukan Shin Tae-yong kini berada sementara di peringkat ketiga klasemen dengan raihan tiga poin.

Pada laga pamungkas penyisihan grup, Indonesia akan bertemu raksasa Asia Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Rabu (24/1) pukul 18.30 WIB.