Tergerus hujan deras sebabkan tanah longsor 10 meter di OKU Selatan

id Tanah longsor,desa kemu ulu, OKU Selatan, BPBD Sumsel, BPBD OKU Selaran

Tergerus hujan deras sebabkan tanah longsor 10 meter di OKU Selatan

Tanah longsor sepanjang 10 meter menutup akses jalan Desa Kemu Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, Selasa (18/7/2023) (ANTARA/HO-BPBD SUMSEL)

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Hujan dengan intensitas deras menyebabkan tanah longsor sepanjang 10 meter di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, Selasa.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumatera Selatan Ansori di Palembang, Selasa, mengatakan lokasi bencana tanah longsor berada di kawasan perbukitan Desa Kemu Ulu, Kecamatan Pulau Beringin, OKU Selatan.

Tim operasi kedaruratan BPBD OKU Selatan sudah diterjunkan ke lokasi beberapa saat setelah pusat informasi bencana menerima laporan peristiwa itu pada pukul 07.00 WIB.

Tim operasi kedaruratan memastikan tidak ada korban jiwa atau luka-luka atas bencana tanah longsor tersebut.

Kendati demikian, menurut dia, jalan utama yang menghubungkan antara Desa Kemu Ulu dengan kawasan perkotaan OKU Selatan tidak bisa dilewati kendaraan, karena tertimbun material longsor setinggi satu meter.

Tim BPBD berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum kabupaten setempat untuk menerjunkan alat berat guna membersihkan material longsor dan membawa bantuan air bersih.

Ia menyebutkan pembersihan dilakukan bekerja sama dengan personel TNI-Polri setempat paling lambat sore nanti karena medannya cukup sulit ditembus.

"Tanah membawa kayu, bebatuan besar, jadi kendaraan roda empat sama sekali tidak bisa lewat sementara ini terpaksa parkir darurat," ujarnya.

Ia berharap pembukaan jalan dapat segera terselesaikan, karena masyarakat Desa Kemu Ulu dan sekitarnya terisolasi dan kesulitan air bersih.