Delapan korban angin puting beliung Lampung Selatan dilaporkan membaik

id BPBD Lampung Selatan,Bencana Angin puting beliung,tanah longsor,banjir

Delapan korban angin puting beliung Lampung Selatan dilaporkan membaik

Kepala Pelaksana BPBD Lampung Selatan Ariswandi melaporkan kondisi terkini bencana banjir di daerahnya dalam siaran daring bertajuk “Teropong Bencana” Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dipantau di Jakarta, Rabu (13/3/2024). ANTARA/M Riezko Bima Elko P

Setelah mendapatkan perawatan medis mereka saat ini sudah membaik, dan sudah dapat beraktivitas kembali,” kata Ariswandi

Jakarta (ANTARA) - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan, Lampung, memastikan kondisi delapan warga yang menjadi korban angin puting beliung semakin membaik.

Kedelapan orang itu sebelumnya dilaporkan mengalami luka yang cukup berat akibat terkena serpihan material yang digulung angin puting beliung, Senin (11/3).

“Setelah mendapatkan perawatan medis mereka saat ini sudah membaik, dan sudah dapat beraktivitas kembali,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lampung Selatan Ariswandi dalam siaran daring bertajuk “Teropong Bencana” Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dipantau di Jakarta, Rabu.

Aris menjelaskan, secara keseluruhan kondisi di Merbau, Mataram, Lampung Selatan yang dilanda angin puting beliung itu pun sudah membaik.

Terpantau sejak petang tadi, petugas gabungan tim reaksi cepat dan masyarakat saling bergotong-royong mulai memperbaiki rumah yang rusak. Setidaknya ada sebanyak 102 rumah warga yang rusak dengan pembagian 11 unit rusak berat, 72 unit rusak sedang, dan 19 unit rusak ringan.

Begitu pula sisa material yang sempat menutup akses jalan raya atau fasilitas umum juga sudah dibersihkan oleh petugas, ujarnya.

Kendati demikian, Kepala BPBD tetap mengimbau warga masyarakat Lampung Selatan untuk meningkatkan kewaspadaan adanya bencana susulan angin kencang, termasuk bencana banjir dan tanah longsor.

Hal demikian penting untuk diingat karena diakui, berdasarkan hasil analisa cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih didapati potensi hujan intensitas sedang - deras melanda Lampung Selatan dan sekitarnya hingga beberapa hari ke depan.