Polisi mengarahkan pemilir bermotor ke Pelabuhan Panjang

id Pemilir ,Polisi setop pemilir,Pelabuhan Panjang,Arus balik

Polisi mengarahkan pemilir bermotor ke Pelabuhan Panjang

Polisi sedang melakikan penyetopan pemilir yang menuju ke Bakauheni untuk diarahkan menuju Pelabuhan Panjang di Jalan Teluk Ambon Sukarno Hatta. Bandarlampung, Sabtu, (30/4/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung melakukan penyetopan terhadap pemilir bersepeda motor yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan mengarahkannya menuju Pelabuhan Panjang, Bandarlampung yang dijadikan alternatif pada arus balik Lebaran 1444 Hijriah.

"Kami mengalihkan arus pemilir yang akan ke Bakauheni ke Panjang untuk memenuhi kuota di Kapal Dobonsolo yang akan menyeberang ke Pelabuhan Ciwandan, Banten," kata Kanit Turjawali Polresta Bandarlampung Ipda Tajudin, di Bandarlampung, Minggu dini hari.

Dia mengatakan bahwa titik pengalihan pemilir dilakukan di tiga lokasi yakni di pertigaan antara Jalan Ir Sutami dan Sukarno Hatta (Bypass), pertigaan Teluk Ambon Bypass, Teluk Ambon di Jalan Yos Sudarso serta di pintu masuk Pelabuhan Panjang.

"Selain mengalihkan ke Pelabuhan Panjang ini juga agar pemilir motor tidak capai di perjalanan karena harus ke Bakauheni," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa untuk mempermudah informasi kepada pemilir bahwa di Pelabuhan Panjang pun bisa melayani penyeberangan, Polresta Bandarlampung telah memasang rambu-rambu.

"Untuk memudahkan pemilir menuju Pelabuhan Panjang kami atas perintah Bapak Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Ino Harianto sudah membuat rambu-rambu besar di sejumlah titik agar pemilir tidak tersesat ke Pelabuhan Panjang," kata dia.

Dia pun mengatakan bahwa kegiatan pengalihan pemilir akan terus dilakukan hingga arus balik di Pelabuhan Panjang selesai, namun hal tersebut pun tergantung dari kuota yang disediakan ASDP sudah terpenuhi atau belum.

"Besok pun akan dilakukan pengalihan apabila kuota yang telah dihitung ASDP tidak bisa memenuhi kapasitas kapal. Untuk malam tadi tidak banyak pemilir motor yang bisa dialihkan karena sudah sedikit yang terjaring," kata dia.