Pemprov Lampung dorong UMKM kembangkan kemasan produk menarik

id UMKM lampung, pengembangan kemasan produk,produk UMKM, pengembangan UMKM, tambah nilai jual produk

Pemprov Lampung dorong UMKM kembangkan kemasan produk menarik

Ilustrasi- Kemasan produk UMKM yang terpajang terjajar pada bazar UMKM pada ajang Krui Pro 2022. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerahnya untuk mengembangkan kemasan produk yang menarik guna meningkatkan nilai jual.

"Kita terus mendukung perkembangan industri suvenir ataupun UMKM di Lampung untuk bergerak maju," ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, untuk mendukung perkembangan UMKM dan industri cenderamata khas Lampung, pihaknya mendorong pengembangan kemasan produk yang menarik pada setiap produk.

"UMKM dan industri suvenir ini kita coba kembangkan juga, lalu untuk memberi nilai tambah pada produk perlu dikemas dengan baik agar menarik perhatian konsumen," katanya.

Dia melanjutkan, pengemasan produk yang menarik pun dapat dilakukan bersamaan dengan promosi produk melalui marketplace.

"Kemasan produk yang bagus, lalu di foto dipasarkan secara digital di marketplace saya yakin akan banyak yang mengenal produk kita dan nilai jual bertambah," ucapnya.

Ia menjelaskan, dengan pengembangan kemasan produk menarik, mampu masuk pasar digital, dan menghasilkan perkembangan UMKM dan industri suvenir dapat membantu meningkatkan pula sektor pariwisata daerah.

"Pariwisata ini memang menjadi salah satu andalan Lampung, tapi perlu juga dukungan dari industri lainnya seperti makanan minuman, suvenir hingga UMKM agar semua jadi satu ekosistem yang baik," kata dia.

Selanjutnya, langkah pembinaan akan terus dilakukan bagi pengembangan produk UMKM lokal Lampung untuk meningkatkan nilai jual produk dan memperluas pasar.

"Ya akan terus kita bina agar pasar makin luas, nilai jual produk meningkat, ekonomi tumbuh," ucapnya lagi.