KNKT: Pengendara roda dua bawa anak-anak didahulukan naik kapal

id Lampung, arus mudik, mudik lebaran, knkt, pemudik motor, motor,pemudik motor

KNKT: Pengendara roda dua bawa anak-anak didahulukan naik kapal

KNKT menyatakan pengendara roda dua yang membawa anak-anak didahulukan naik kapal. ANTARA/Emir F. Saputra

Pengendara roda dua yang melakukan mudik dan membawa anak akan didahulukan, ya seperti penumpang VIP lah.
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan akan mendahulukan penumpang kendaraan roda dua khususnya yang membawa anak-anak untuk naik ke dalam kapal.

"Pengendara roda dua yang melakukan mudik dan membawa anak akan didahulukan, ya seperti penumpang VIP lah. Karena untuk antisipasi anaknya yang bisa pingsan akibat kepanasan dan lainnya," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, tahun ini sama seperti beberapa tahun sebelum pandemi COVID-19, pemudik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera atau sebaliknya didominasi dengan kendaraan roda dua.

Soerjanto mengingatkan, pengendara roda dua juga lebih memperhatikan keselamatan saat mudik, bahkan bila perjalanan lebih dari 3-5 jam lebih baik menggunakan kendaraan umum untuk menghindari kelelahan, capek dan kecelakaan di jalan raya.

"Kalau lebih dari 3-5 jam perjalanan lebih baik kendaraan umum. Tetapi namanya masyarakat, mereka mau mudik dengan cepat dan tidak bisa kami larang. Kami hanya bisa mengimbau saja," katanya pula.
Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan dua "rest area" bagi pemudik yang gunakan motor
Baca juga: Arus balik pemudik motor ramai melintasi Jalinsum Lampung