Rafin's Snack asal Pringsewu jadi buah tangan dalam gelaran MotoGP Mandalika

id Mandalika ,Gernas BBI,Lampung,Pringsewu

Rafin's Snack asal Pringsewu jadi buah tangan dalam gelaran MotoGP Mandalika

Owner Rafin's Snack, Muhammad Ravie Cahya Ansor sedang mempetkenalkan Produk UMKM-nya dengan kemasan premium untuk gelaran MotoGp Mandalika. Senin, Bandarla (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal Lampung asal Kabupaten Pringsewu masuk sebagai buah tangan dalam gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Ya, Rafin's Snack jadi salah satu UMKM di Indonesia yang menjadi oleh-oleh pada gelaran MotoGP Mandalika," kata pemilik usaha makanan ringan, Rafin's Snack, Muhammad Ravie Cahya Anso, di Bandarlampung, Senin.

Ia pun berharap dengan produknya masuk sebagai salah satu buah tangan pada gelaran MotoGP tersebut dapat lebih memperkenalkan Rafin's Snack ke masyarakat luas di Indonesia dan juga dunia internasional.

"Kalau produk UMKM dari Lampung, saya rasa cuma Rafin's Snack yang akan berada di Mandalika untuk buah tangan. Sehingga kita harap hal tersebut dapat lebih memperkenalkan produk kita," ujarnya.

Ravie juga mengatakan bahwa kemasan Rafin's Snack pada gelaran MotoGP akan dibedakan dari pengemasan biasa guna menyesuaikan segmentasi pasar.

"Untuk kemasan di gelaran MotoGP, kemasan Rafin's Snack dibedakan dengan yang biasa. Karena kan di sana masuk dalam kalender internasional sehingga kemasannya dibuat lebih premium," kata dia.

Ia mengatakan bahwa diterimanya produk makanan ringan dari kulit ikan patin tersebut di gelaran MotoGP berkat campur tangan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (KemenkoUKM).

"Ini efek dari orang-orang KemekoUKM, karena tahun lalu mereka pernah datang ke toko kami untuk melihat-lihat. Mungkin  bergulir dari situ kita diberi kesempatan untuk masuk ke MotoGP di Mandalika," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa produk UMKM-nya tersebut juga sudah masuk pasar ekspor ke sejumlah negara yang berada di Kawasan Asia, seperti Singapura dan Mesir.

"Ke depan Rafin's Snack juga akan masuk ke pasar Jepang karena sudah ada perjanjian. Nah Kalau di Indonesia produk UMKM kita sudah masuk di 7 kota besar seperti Surabaya, Bandung, Malang, Jogja, Aceh, Jakarta dan Medan," kata dia