Jelang libur natal, volume kendaraan di Tol Lampung naik

id Lampung, hk, hutama karya, jalan tol, tol trans sumatera,tol lampung

Jelang libur natal, volume kendaraan di Tol Lampung naik

Suasana lalu lintas di Gerbang Tol Bakauheni Selatan. (Antaralampung/HO/Hutama Karya)

realisasi volume lalu lintas kendaraan masuk sebesar 7.999 kendaraan, dari volume lalu lintas normal sebanyak 4.779 kendaraan.
Bandarlampung (ANTARA) - Volume lalu lintas kendaraan masuk ke Lampung melalui tol, jelang libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mulai terpantau naik sejak Rabu (23/12).

Berdasarkan data dari Pengelola Jalan Tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, PT Hutama Karya, saat ini ada sedikit peningkatan jumlah volume lalu lintas, didominasi kendaraan golongan I.

"Pada Rabu (23/12), volume lalu lintas kendaraan masuk Lampung dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan mulai meningkat dibandingkan pada Selasa (22/12). Pada Selasa jumlah volume lalu lintas sebanyak 6.475 kendaraan, atau sudah naik 42,21 persen dibandingkan volume lalu lintas normal sebesar 4.553 kendaraan," ujar Branch Manager PT Hutama Karya Cabang Bakauheni-Terbanggi Besar Hanung Hanindito, di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, untuk Rabu (23/12) kenaikan volume lalu lintas mencapai 67,38 persen. Jumlah ini didapat dari realisasi volume lalu lintas kendaraan masuk sebesar 7.999 kendaraan, dari volume lalu lintas normal sebanyak 4.779 kendaraan.

"Sementara untuk yang keluar Bakauheni terpantau tidak ada peningkatan yang signifikan. Jumlah lalu lintas pada Selasa (22/12) sebesar 5.409 kendaraan, jumlah itu hanya naik sekitar 26,64 persen dari volume lalu lintas normal sebanyak 4.271 kendaraan. Sementara per Rabu (23/12) volume lalu lintas terealisasi sejumlah 5.747 kendaraan, jumlah ini naik 28,94 persen dari normal sebanyak 4.457 kendaraan," katanya pula.

Hanung menjelaskan, saat ini masih didominasi kendaraan golongan 1, berupa sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus. Jumlah kendaraan golongan 1 yang masuk melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan pada Rabu sebanyak 5.403 kendaraan. Sementara untuk kendaraan yang keluar menuju Bakauheni dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan sebanyak 3.851 kendaraan.

Hanung mengatakan, pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan. Bagi seluruh pengendara yang masuk melalui gerbang tol itu akan diminta tetap menerapkan protokol kesehatan.
Baca juga: HK imbau pengendara tidak melebihi batas kecepatan saat berkendara
Baca juga: Ditlantas Polda Lampung ingatkan pengemudi kondisi kendaraannya saat melintas di jalan tol