Pengelola Tol Terpeka sebut tujuh gerbang beroperasi optimal

id Lampung,HK,Terpeka,Jalan tol,Hutama Karya,Natal dan Tahun Baru

Pengelola Tol Terpeka sebut tujuh gerbang beroperasi optimal

Kesiapan PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) menghadapi Natal dan Tahun Baru 2024. Lampung, Jumat, (22/12/2023). (ANTARA/HO-PT Hutama Karya)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) memastikan tujuh gerbang tol beroperasi secara optimal pada Natal dan Tahun Baru 2024.

"Untuk kelancaran pengguna tol pada Natal dan tahun baru tujuh pintu tol di Terpeka akan beroperasi dengan maksimal," kata Branch Manager Ruas Tol Terpeka PT Hutama Karya (Persero) Taufik Hidayat, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat.

Dia juga mengatakan bahwa guna mengantisipasi kepadatan di gerbang tol, PT HK menyiapkan 16 unit mobile reader serta melakukan penambahan petugas.

"Kami juga menyiagakan teknisi peralatan tol selama 24 jam, serta menyediakan stok 5.000 pcs kartu UE untuk mengantisipasi pengguna jalan yang kehabisan saldo," kata dia.

Baca juga: Wapres harapkan masjid di “rest area” jadi tempat pembinaan agama

Selain itu, lanjut dia, PT Hutama Karya juga bersinergi dengan Polda Sumatera Selatan dan Polda Lampung dalam pengamanan wilayah dengan menempatkan Pos Pengamanan (Pam) selama Natal dan tahun baru berlangsung yang berlokasi di RA 163A, RA 172B, RA 208A, RA 215B, RA 234A, RA 277A, RA 306B, dan akses Gerbang Sp Pematang dan Kayu Agung.

"Selain itu, skema holding system juga disiapkan di Rest Area 172B dan 215B apabila terjadi kepadatan di Pelabuhan Bakauheni," kata dia.

Taufik pun mengatakan bahwa untuk kesiapan pasokan BBM, Hutama Karya juga berkoordinasi dengan PT Pertamina Retail untuk penambahan SPBU Modular di Rest Area 306B, 269B dan 277A agar kebutuhan pasokan selama Natal dan tahun baru tercukupi.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan PT PLN (Persero) untuk menyediakan SPKLU di beberapa Rest Area yaitu : RA 163A, RA 172B, RA 277A, RA 269B, RA 311A dan RA 306B," kata dia.

Hutama Karya juga meningkatkan kualitas layanan di rest area Tol Terpeka dengan menyediakan toilet tambahan, menambahkan WTP (Water Treatment Plant), menambahkan gazebo di RA 215B dan RA 234A.

"Kami juga melakukan beutifikasi lainnya seperti pengecatan kantin, pengecatan toilet dan penambahan pot bunga. Beberapa pemeliharaan kualitas juga dilakukan seperti perkerasan jalan, pagar pengaman dan lampu penerangan jalan umum (PJU), menambahkan lampu flipflop & strobo, hingga pengecatan marka jalan juga telah dilakukan," kata dia.

Dia pun memprediksi kenaikan puncak volume lalu lintas di Tol Terpeka pada Senin (25/11) dan Senin 1Januari 2024," kata dia.


Baca juga: Jasa Marga operasikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengelola Tol Terpeka pastikan tujuh gerbang beroperasi optimal