Pemprov-Kemendagri monitoring Pilkada Lampung

id pilkada lampug,kemendagri monitoring,heri suliyanto

Pemprov-Kemendagri monitoring Pilkada Lampung

Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra Setprov Lampung Herry Suliyanto (kanan) menerima kunjungan kerja staf ahli khusus Kemendagri Budi Prsetyo Selasa, (26/6) (Foto: Humas Pemprov Lampung)

Bandarlampung  (Antaranews Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung bersama Kementerian Dalam Negeri berkoordinasi untuk memastikan jalannya??Pemilihan Kepala Daerah 27 Juni 2018 berlangsung baik tanpa gangguan apapun.

"Pemerintah Provinsi Lampung melalui semua instansi terkait dan Tim Ahli dari Kementerian Dalam Negeri melakukan monitoring untuk memastikan pesta demokrasi dapat berjalan baik dan memilih pemimpin yang terbaik pula," kata Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra Setprov Lampung Herry Suliyanto, saat menerima kunjungan Tim Ahli Kementerian Dalam Negeri dalam rangka monitoring pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Bandarlampung, Selasa (26/6).

Ia mengatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih diharapkan lebih dari 77 persen, dan tentunya menjaga aparatur sipil negara untuk menjaga netralitas.

Koordinasi tersebut, lanjutnya, merupakan bagian dari salah satu upaya pemerintah untuk melakukan koordinasi lintas sektoral terkait jumlah Daftar Pemilih tetap (DPT), masalah administrasi dan kependudukan, serta terkait pengamanan pilkada.

Menurutnya, pemerintah juga berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Lampung dan TNI.

Sementara itu, Staf khusus Menteri Dalam Negeri Budi Prasetyo dalam kesempatan itu mengungkapkan pesta demokrasi membutuhkan anggaran yang cukup besar dan menyangkut keberlangsungan masyarakat Lampung.

"Pada prinsipnya tim yang datang hanya untuk mengkonfirmasi masalah sosialisasi pelaksanaan pilkada, e?KTP, dan kesiapan semua pihak untuk memastikan semua masyarakat yang memiliki hak pilih dapat berpartisipasi aktif," tegas Budi.

Menurutnya, penyelenggaraan Pilkada merupakan otoritas Komisi Pemilihan Umum ( KPU), tetapi sesuai dengan amanat Undang-undang Kementerian Dalam Negeri juga memiliki tanggung jawab.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Achmad. S mengatakan pelaksanaan Pilkada 27 Juni 2018 di Provinsi Lampung sudah siap melayani pemilih pemula.

 Kesiapan Pemprov Lampung juga disampaikan oleh Perwakilan Kesbangpol yang menyatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi Pilkada bersama KPU dan Bawaslu hingga ke pemilih pemula.