Puluhan warga Way Kanan keracunan usai makan sate

id 22 warga way kanan keracunan makanan, edy gunawan, kepala puskesman kasui

Puluhan warga Way Kanan keracunan usai makan sate

Dua warga (tiduran) yang keracunan makanan sedang dirawat di Puskesmas Kasui (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Mereka perlu perwatan medis, hingga diketahui penyebabnya," kata Edy...
Way Kanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Sebanyak 22 warga Kampung Jaya Tinggi, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, mendatangi UPT Puskesmas Kasui untuk berobat diduga keracunan usai memakan sate yang dibeli di pasar setempat.

"Mereka perlu perawatan, kejadian itu sempat menghebohkan masyarakat dan membuat korban syok," kata Kepala UPT Puskesmas Kasui, Edy Gunawan saat dikonfirmasi, Jumat.

Ia mengatakan, warga itu awalnya sehat tetapi setelah 15 menit memakan sate Padang, perut mereka mulai terasa mual-mual hingga terasa sakit, beberapa orang yang sakit  langsung di bawa ke Puskesmas Kasui untuk dilakukan perawatan dan pemeriksaan.

Peristiwa tersebut, katanya, terjadi pada Kamis (5/1) sekitar pukul 10.30 WIB, mereka diduga keracunan makanan usai makan sate Padang yang dijual oleh pedagang sate di dekat pasar setempat.

"Mereka perlu perawatan medis, hingga diketahui penyebabnya," kata Edy.

Dari 22 pasien yang diduga keracunan itu, lima di antaranya sudah diperbolehkan pulang, dua orang dirujuk ke Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam dan sisanya sedang mengalami perawatan intensif di Puskesmas Kasui.

Pihak Puskesman telah melakukan pengecekan ke laboratorium untuk mengetahui penyebab keracunan, namun hasilnya baru bisa diketahui setelah tiga hari.

Kapolsek Kasui, Iptu Saeful Nawas mengatakan, dari 22 warga yang dirawat medis. empat orang di antaranya balita, lima remaja, sedangkan sisanya orang dewasa. (Ant)
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar