Disnakertrans Lampung Gelar Magang Kerja Hadapi MEA

id tenaga kerja magang, kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi,Sumiati Somad

Disnakertrans Lampung Gelar Magang Kerja Hadapi MEA

Dinaskertrans Provinsi Lampung gelar pelatihan ketenagakerjaan untuk masyarakat (FOTO lampungprov.go.id)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Lampung menggelar magang kerja bagi pemuda di daerah itu untuk mempersiapkan tenaga kerja profesional dalam memenangi persaingan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung Sumiati Somad di Bandarlampung, Rabu, mengatakan bahwa Provinsi Lampung memiliki sejumlah produk unggulan yang dapat bersaing dengan produk negara ASEAN.

"Namun, masih memerlukan dukungan dalam meningkatkan daya saing. Adapun upaya yang dilakukan adalah meningkatkan sumber daya manusia, investasi, dan infrastruktur," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, diperlukan pelatihan magang sebagai salah satu strategi dalam rangka menghadapi pasar bebas MEA 2016.

Dengan magang itu, dia mengharapkan dapat mencetak tenaga kerja yang memiliki daya saing dan dapat bekerja sesuai dengan profesi dan keahliannya.

Kepala Bidang PPK-TK Disnakertrans Anhar Parinduri menjelaskan bahwa kegiatan magang itu sejak Juni 2015 di LPK Cemerlang Sekampung Lampung Timur untuk kejuruan komputer dengan jumlah peserta sebanyak 310 orang, terdiri atas pencari kerja lulusan SMK dan tenaga kerja yang akan ditingkatkan kompetensinya.

Tujuan kegietan itu, lanjut dia, untuk mencetak tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai sesuai dengan bidang kerjanya serta untuk mengurangi kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki oleh individu angkatan kerja dan kebutuhan pasar kerja.

"Selain itu, kegiatan ini bertujuan agar peserta magang memperoleh peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku melalui pengalaman kerja di industri," katanya.

***4***