Ansor Waykanan Gelar Lomba Baca Puisi

id lomba baca puisi, gp ansor, waykakan, hut kemerdekaan ri, dkl

Waykanan, Lampung, (ANTARA LAMPUNG)- Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Waykanan menyelenggarakan lomba baca puisi bagi pelajar SMA sederajat di daerah itu.
        
Menurut Ketua PC GP Ansor Waykanan, Supri Iswan, di Blambanganumpu, Kamis, lomba itu digelar hari ini mulai pukul 07.30 WIB sampai selesai di aula Nuwa Adat Kabupaten Waykanan.
        
"Kami sebut 'Lomba Baca Puisi Seru' karena Ansor menginginkan lahir generasi yang berani berseru menyikapi ketidakadilan hingga perubahan jaman. Puisi dipilih sebagai materi lomba sesuai dengan karakter seru," ujarnya pula.
        
Supri menegaskan, lomba tersebut profesional, dengan dewan juri dipilih sesuai dengan kompetensinya, antara lain Arya Winanda, pegiat Komunitas Berkat Yakin (KoBER) Bandarlampung dan penulis antologi puisi tunggal Desis Ular yang diterbitkan oleh Dewan Kesenian Lampung pada akhir tahun 2010 dan berhasil masuk dalam jajaran 10 besar buku sastra terbaik nasional dalam event Khatulistiwa Literary Award.
        
"Juara I akan mendapatkan 'door prize' dari De Most, jasa analisa sidik jari yang bergerak memotivasi bakat dan minat setiap individu," ujar Supri lagi.
        
Sekretaris lomba itu, Heri Amanudin menambahkan, jumlah peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 75 orang dan kemungkinan masih akan bertambah.
        
Puisi dilombakan adalah karya Wiji Thukul berjudul Peringatan, Tanah, Bunga dan Tembok. Lalu puisi Orang-Orang Miskin, Sajak Sebatang Lisong, Lagu Serdadu karya WS Rendra.
      
Lomba ini juga digelar untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-69 tahun 2014.