Perpusda Lampung targetkan koleksi buku capai 135 ribu

id Koleksi buku perpustakaan, perpustakaan daerah Lampung, penambahan koleksi buku,literasi lampung,minat baca,iplm

Perpusda Lampung targetkan koleksi buku capai 135 ribu

Ilustrasi- Koleksi buku bacaan yang ada di Perpustakaan Daerah Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Perpustakaan Daerah Lampung menargetkan koleksi buku bacaan yang tersedia dapat mencapai 135 ribu koleksi guna mendukung peningkatan indeks literasi daerah.
 
"Perpustakaan Daerah Lampung saat ini telah menempati gedung baru, sehingga ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan minat baca masyarakat," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Riski Sofyan di Bandarlampung, Rabu.
 
Dalam rangka meningkatkan fasilitas yang ada di perpustakaan tersebut, pihaknya telah menargetkan koleksi buku yang harus tersedia mencapai 135 ribu eksemplar.
 
"Target koleksi buku yang ada di perpustakaan ini harus di angka 135 ribu eksemplar. Saat ini untuk koleksi buku yang ada baru berjumlah 75 ribu eksemplar dengan berbagai jenis judul," katanya.
 
 
Dia melanjutkan target pemenuhan koleksi buku, baik buku digital ataupun buku fisik tersebut, telah disesuaikan dengan rasio jumlah penduduk yang ada di Provinsi Lampung.
 
"Pengembangan perpustakaan melalui penambahan koleksi ini harus terus dilakukan, karena gedung yang besar, maka koleksi bukunya harus banyak. Meski memiliki keterbatasan anggaran, tapi ini tidak akan menghambat upaya penambahan koleksi buku, sebab kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penyediaan buku tambahan," ucapnya.
 
Menurut dia, penyediaan buku dari pihak swasta ataupun BUMN tersebut dilakukan melalui skema program tanggung jawab sosial dan hibah buku.
 
"Penambahan koleksi buku ini tidak hanya dari alokasi anggaran pemerintah, tetapi kami bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan program tanggung jawab sosial dan hibah buku," tambahnya.
 
 
Untuk koleksi buku digital yang dimiliki saat ini sekitar 6.000-7.000 unit dan akan terus ditambah untuk memfasilitasi para pembaca.
 
"Kami akan bekerja sama dengan universitas dan para akademisi juga untuk meningkatkan indeks literasi di Lampung, selain meningkatkan jumlah koleksi akan dilakukan juga kegiatan bersama seperti diskusi, kelas minat, dan pengembangan bakat," ujarnya. 
 
Diketahui Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Provinsi Lampung pada 2022 sebesar 59,99 masih di bawah IPLM rata-rata yaitu sebesar 64,48.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perpustakaan Lampung targetkan koleksi 135.000 buku, dongkrak literasi