Rumponisasi Dukung Minapolitan Lampung

id DKP, Rumpon, Ikan, Nelayan

Rumponisasi Dukung Minapolitan Lampung

Perahu-perahu nelayan berjajar siap melaut dari Pusat Pendaratan/Pelelangan Ikan (PPI) Lempasing, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. (Foto ANTARA/M.Tohamaksun).

Pesawaran (ANTARA LAMPUNG) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung Sujanto mengatakan, pengembangan rumponisasi atau pemasangan rumah ikan dapat mendukung program kawasan minapolitan di daerah itu.

"Rumponisasi dapat menunjang pendapatan petani/nelayan dalam memperoleh hasil perikanan dan mendukung terlaksananya program minapolitan di daerah ini," ujarnya, di Pesawaran, Sabtu.

Menurut dia, salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup nelayan di daerah itu adalah dengan mengembangkan dan mengatur rumponisasi di wilayah perairan tersebut.

"Rumponisasi diharapkan dapat menunjang peningkatan pendapatan nelayan dan mempermudah mendapatkan ikan di laut, sehingga nelayan tidak perlu jauh-jauh dan terombang-ambing di laut lepas pada saat mencari ikan," kata Sujanto.

"Program pengembangan kawasan minapolitan merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan hasil tangkapan laut mau pun perikanan darat yang dapat membantu meningkatkan produksi ikan di daerah ini," tambahnya.
 
Ia juga mengharapkan agar masyarakat nelayan dapat mendukung upaya pemerintah tersebut sehingga tujuan dan pemberdayaan masyarakat nelayan dapat terwujud, bahkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. (ANTARA/PSO-050).