30.363 orang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak pada hari kedua Lebaran

id ASDP ,Bakauheni ,Lampung Selatan

30.363 orang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak pada hari kedua Lebaran

Suasana sejumlah penumpang pejalan kaki di terminal pelabuhan Bakauheni Lampung. ANTARA/Riadi Gunawan

Lampung Selatan (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni mencatat jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten mencapai 30.363 orang pada hari kedua Lebaran 2023.

General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, mengatakan bahwa  jumlah penumpang tersebut terbagi menjadi dua bagian, yakni pejalan kaki dan dalam kendaraan.

"Untuk penumpang pejalan kaki yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Merak, Banten, sebanyak 3.402 orang dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 26.961 orang," kata Rudi di Bakauheni.

Ia mengatakan, menurut data jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak Banten pada hari pertama dan kedua Lebaran.

Berdasarkan data Posko Bakauheni selama 12 jam periode 23 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB tercatat jumlah penumpang terus meningkat.

Dia menambahkan, jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang sebanyak 6.543 unit. jumlah itu jauh meningkat dari satu hari yang lalu dimana hanya sebanyak 6.039 unit.

Ia menjelaskan penumpang kendaraan terbagi menjadi empat kendaraan yakni roda dua, roda empat, bus dan truk dan kendaraan besar.

"Untuk jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 2.258 unit, roda empat 4.045 unit, bus 85 unit, dan truk kendaraan besar 155 unit," katanya.