Suarez cetak 4 bol kala Barca taklukkan Deportivo La Coruna

id suarez, luiz suarez

Suarez cetak 4 bol kala Barca taklukkan Deportivo La Coruna

Suarez (www.skysports.com)

Barcelona, (Antara/Reuters) - Luis Suarez mencetak empat gol dan memberikan tiga assist ketika Barcelona kembali ke jalur juara Liga Spanyol, melalui kemenangan 8-0 atas Deportivo La Coruna pada Rabu.

Tiga kekalahan beruntun telah merusak harapan-harapan Barcelona untuk meraih gelar, namun sumbangan gol dari penyerang asal Uruguay Suarez mengakhiri laju kekalahan itu, sedangkan rival-rival terdekatnya Atletico Madrid dan Real Madrid terus memburu berkat kemenangan atas Athletic Bilbao dan Villarreal.

Kemenangan 3-0 Real Madrid di markas Villarreal harus dibayar mahal ketika Cristiano Ronaldo ditandu keluar lapangan sambil memegangi pahanya, dan cedera itu dapat memberi dampak pada upaya Real memenangi gelar dan di Liga Champions.

Atletico mengamankan kemenangan 1-0 di markas Athletic Bilbao berkat tandukan Fernando Torres di babak pertama, meski bek Diego Godin terpaksa meninggalkan lapangan pada menit kesembilan dengan dugaan mengalami cedera otot paha belakang.

Barca unggul atas Atletico berkat catatan head-to-head yang lebih baik, di mana kedua tim kini mengoleksi 79 angka dengan empat pertandingan tersisa. Tim peringkat ketiga Real Madrid tertinggal satu angka.

Suarez tidak dapat dihentikan ketika ia kini telah mengoleksi 49 gol di semua kompetisi. Ia membawa Barca unggul dua gol saat turun minum dengan mengemas gol pada menit ke-11 dan 24.

Ia kemudian melepaskan umpan silang untuk Ivan Rakitic untuk menjadi gol ketiga pada menit ke-48. Suarez melengkapi trigolnya lima menit kemudian dan menyarangkan gol keempatnya pada menit ke-64. Lionel Messi, Marc Bartra, dan Neymar turut menyumbang gol pada fase akhir pertandingan.

Barca menuju Riazor tanpa bek berpengaruh Gerard Pique sambil mencari kemenangan perdana dalam lima pertandingan liga.

Suarez membuka keunggulan bagi mereka dengan melepaskan sepakan voli menyambut tendangan sudut Rakitic dari dalam kotak penalti, kemudian menambahi gol kedua melalui penyelesaian tanpa mengendalikan bola dengan bantuan sodoran bola dari Messi.

Mantan penyerang Liverpool ini kemudian mengirimkan umpan silang bagi Rakitic untuk disambut dengan sepakan setengah voli tidak lama setelah turun minum, dan melengkapi trigolnya berkat assist lain dari Messi. Gol keempatnya dibukukan melalui tembakan menyambut bola pantul setelah sepakannya ditahan kiper Deportivo Manu.

Ia kemudian memberi umpan kepada Messi untuk diselesaikan dengan mudah dari dalam kotak penalti pada menit ke-73.

Gol selanjutnya yang kemungkinan merupakan gol terbaik dibukukan oleh pemain bertahan Bartra, yang tampil sebagai pemain inti untuk keempat kalinya di liga untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Pique. Bek tengah itu membuka jalan melewati pertahanan Deportivo dan menuju kotak penalti sebelum melakukan penyelesaian penuh percaya ke sudut jauh pada menit ke-79.

Masih ada waktu bagi Neymar untuk mengakhiri puasa golnya selama lima pertandingan, pemain Brazil itu mengonversi operan lain dari Suarez ke tiang dekat.

Karim Benzema membawa Real memimpin saat melawan Villarreal pada menit ke-41, dengan memanfaatkan kesalahan kiper Sergio Asenjo, dan Lucas Vazquez menggandakan keunggulan timnya melalui sepakan kaki kanan yang keras pada menit ke-69.

Luca Modric mengemas gol ketiga Real pada menit ke-75, namun kemenangan ini dinodai oleh cedera yang dialami Ronaldo.

Torres mencetak gol untuk lima pertandingan secara beruntun di semua kompetisi untuk memberikan kemenangan keempat berturut-turut di liga kepada Atletico, dengan menanduk umpan silang Antoine Griezmann pada menit ke-38.

Bagaimanapun, bek Atletico Godin berpeluang absen pada pertandingan liga selajutnya melawan Malaga serta pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions melawan Bayern Munich, setelah ia mengalami cedera otot paha belakang, dua pekan setelah pulih dari cedera otot paha belakang di kaki yang sama.