KPU Lamsel gandeng Forkopimda untuk distribusi logistik di kepulauan

id Lampung Selatan,Distribusi logistik ,KPU lamsel

KPU Lamsel gandeng Forkopimda untuk distribusi logistik di kepulauan

Ilustrasi- Ketua KPU Lamsel Ansurasta Razak dan anggota Bawaslu serta pihak kepolisian saat melakukan pelipatan kotak suara di gudang logistik KPU lamsel (ANTARA/Riadi Gunawan)

Menjelang tahapan Pilkada 2024 yang tinggal menghitung hari, kami terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak

Lampung Selatan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), akan menggandeng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pihak terkait untuk menyukseskan pendistribusian logistik pemilu di wilayah kepulauan tersebut.

"Iya, kita akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyukseskan pendistribusian logistik pilkada di daerah kepulauan seperti Pulau Sebesi dan Sebuku dan daerah kepulauan lainnya," kata Ketua KPU Lamsel Ansurasta Razak di Kalianda, Senin.

Ia mengatakan pendistribusian logistik Pilkada Lampung Selatan ke Kecamatan Rajabasa, Desa Pulau Sebesi dan Kecamatan Bakauheni, Pulau Harimau membutuhkan perencanaan matang karena medan yang menantang.

Menurut dia, pendistribusian logistik pemilu di wilayah tersebut menjadi tantangan tersendiri karena logistik dikirim menggunakan kapal dari kawasan daratan Lampung Selatan ke sejumlah pulau di kawasan terluar.

Selain itu, kendala cuaca buruk serta gelombang laut juga menjadi tantangan bagi penyelenggara pemilu dalam mengantarkan logistik tepat waktu dan tepat jumlah ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Oleh karena itu, untuk menyukseskan distribusi logistik, KPU melibatkan semua pihak, termasuk Kepolisian untuk mengawal logistik dari tempat logistik hingga ke titik tujuan dan sebaliknya.

Ia pun berharap, dengan komunikasi dan koordinasi yang dilakukan, proses pendistribusian logistik bisa berjalan lancar dan aman.

"Menjelang tahapan Pilkada 2024 yang tinggal menghitung hari, kami terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak," katanya.

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Lampung Selatan telah menetapkan dua pasangan calon kepala daerah dengan pasangan calon Nanang Ermanto-Antoni Imam nomor urut 01, sedangkan pasangan calon Radityo Egi Pratama-M. Syaiful Anwar nomor urut 02.

KPU juga telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 sebanyak 790.716 orang. Terdiri atas pemilih laki-laki 400.575 orang dan pemilih perempuan 390.141 orang.

Baca juga: KPU Lamsel buka pos pelayanan pindah memilih di Pilkada 2024

Baca juga: KPU Lamsel tetapkan DPT Pilkada 2024 sebanyak 790.716 pemilih

Baca juga: KPU Lamsel butuhkan 13.664 petugas KPPS pada Pilkada 2024