Dua tim mahasiswa Itera raih juara di kompetisi esai ilmiah nasional 2024

id lampung, kampus, itera, institut, teknologi, sumatera

Dua tim mahasiswa Itera raih juara di kompetisi esai ilmiah nasional 2024

Dua tim mahasiswa sains lingkungan kelautan itera raih juara di kompetisi esai ilmiah nasional 2024 (lampung, kampus, itera, institut, teknologi, sumatera)

Mereka telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam mengkaji masalah lingkungan serta menawarkan solusi aplikatif

Bandarlampung (ANTARA) - Mahasiswa Sains Lingkungan Kelautan (SLL) Fakultas Sains, Institut Teknologi Sumatera (Itera), berhasil meraih prestasi gemilang di Kompetisi Esai Ilmiah Nasional (KEIN) 2024.

Dua tim dari Program Studi SLL berhasil membawa pulang juara kedua dan ketiga dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu.. Kompetisi ini mengangkat tema seputar Manajemen Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

Tim yang meraih juara kedua terdiri dari Muhammad Thariq Hidayatullah sebagai ketua tim, bersama Rendi Satria Telaumbanua, Sartika Dwi Aurellia Selian , dan Mei Veronika Sagita Silaban .

Mereka menulis esai berjudul “Dampak Usaha Ikan Asin di Wilayah Pesisir Terhadap Pencemaran Lingkungan (Studi Kasus Pulau Pasaran, Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung).” Esai ini menyoroti dampak lingkungan dari usaha ikan asin di wilayah pesisir dan mengulas upaya mitigasi yang dapat dilakukan.

Sementara itu, tim yang meraih juara ketiga dipimpin oleh Cinta Sri May Yemima Lumban Raja, bersama Aqiila Sheika Warman). Mereka mengangkat esai berjudul “Peran Ekosistem Mangrove dalam Pengelolaan Stok Karbon dan Mitigasi Perubahan Iklim di Indonesia,” yang membahas pentingnya ekosistem mangrove dalam mitigasi perubahan iklim melalui pengelolaan stok karbon secara efektif.

Kedua tim mahasiswa ini dibimbing oleh dosen SLL, Muhammad Arhan Rajab, S.Pi., M.Si., yang memberikan arahan dalam proses penyusunan esai.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian para mahasiswa. Mereka telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam mengkaji masalah lingkungan serta menawarkan solusi aplikatif,” ujar Arhan.

Prestasi ini semakin memperkuat reputasi Itera, khususnya dalam bidang Sains Lingkungan Kelautan. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.