Pringsewu merupakan sentra utama perikanan di Lampung

id Pringsewu,perikanan Pringsewu

Pringsewu merupakan sentra utama perikanan di Lampung

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki didampingi Bupati Pringsewu Sujadi saat menuju lokasi panen ikan air tawar di Pringsewu, Minggu (28/02/2021)( Antaralampung/Emir F Saputra)

Pringsewu (ANTARA) - Kabupaten Pringsewu merupakan sentra utama perikanan di Lampung. Hampir 70 persen produksi ikan tawar daerah itu dipasok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Lampung, Palembang dan Jawa.

"Hampir 70 persen produksi ikan Kabupaten Pringsewu dipasok ke  Lampung, Palembang, dan Jawa,"  kata Bupati Pringsewu, Sujadi, saat menerima kunjungan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Minggu (28/02/2021).

Ia juga menyebutkan Kabupaten Pringsewu juga memasok bibit ikan seperti lele, mas, gurame dan koi.

"Bahkan ikan kegemaran anak milenial seperti ikan hias cupang juga tersedia di Kabupaten Pringsewu," katanya.

Ia mengatakan bahwa pakan ikan menggunakan pakan produksi pabrikan, dan diharapkan ada yang berinvestasi memproduksi pakan ikan di Kabupaten Pringsewu.
 
Selain itu, bendungan Way Sekampung juga ditabur bibit ikan tawar.
 
Sujadi menyebutkan, meski Kabupaten Pringsewu tak memiliki laut dan wilayahnya cukup kecil dibandingkan daerah lainnya, namun lahan yang ada berusaha dikelola optimal dan produktif.

"Ke depannya akan dikembangkan swasembada pangan melalui padi dan ikan.  Saya berharap ke depannya ada pengembangan koperasi khusus pembudidayaan ikan air tawar," katanya.

Sujadi mengatakan UKM di Kabupaten Pringsewu memiliki 796 koperasi, dan hanya 176 koperasi yang bertahan.
 
"Permasalahannya adalah pandemi ini membuat perlambatan pada proses perekonomian secara umum," jelasnya. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar