Rute Krui-Liwa sudah bisa dilintasi kendaraan

id Jalan liwa-krui,Kabupaten pesisir barat,Lampung barat

Rute Krui-Liwa sudah bisa dilintasi kendaraan

Dokumentasi- Alat berat yang menangani longsor jalan negara Liwa-Krui terus membersihkan material longsoran di badan jalan itu. ( ANTARA LAMPUNG/BPBD Lampung Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat Gison Sihite mengatakan bahwa jalan yang menghubungkan Kabupaten Liwa dan Pesisir Barat saat ini sudah bisa dilewati kendaraan setelah sempat terputus akibat longsor.

"Saat ini sudah bisa dilewati kendaraan tapi masih diberlakukan buka tutup karena petugas sedang melakukan pembersihan lumpur di jalan tersebut," kata Gison, saat dihubungi, dari Bandarlampung, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa longsor di jalan yang menghubungkan Liwa-Krui tersebut terjadi pada Jumat petang (24/1) sekitar pukul 18.00 akibat hujan yang turun cukup lama.

"Longsor terjadi di empat titik pada malam tadi dan pagi hari saat melakukan pembersihan ada longsor susulan di titik berbeda namun tidak seberapa besar," kata dia.

Gison mengungkapkan bahwa saat kejadian itu petugas langsung bergerak ke lokasi dengan membawa alat berat dan sekira pukul 22.00 wib personel baru mampu menembus tempat itu, kemudian langsung melakukan pembersihan.

"Dari jam 22.00 wib hingga pukul 02.30 dini hari petugas berhasil membuka jalan di satu titik saja, yang kemudian dilanjutkan hari ini dan sekitar pukul 13.30  semua titik sudah terbuka hanya tinggal melakukan pembersihan jalan dari lumpur sisa longsor," katanya.

Kepala BPBD Lampung Barat itu juga mengatakan bahwa dalam upaya pembersihan jalan itu pihaknya dibantu oleh BPBD Pesisir barat yang juga mengirimkan satu unit alat berat.

"Jadi kami bagi tugas dengan mereka. Dimana kita membersihkan dua titik lokasi dan mereka tiga titik sehingga pekerjaan ini cepat selesai dan jalan ini bisa dilalui kendaraan," kata dia.

4 mobil tertimbun longsor

Pada kejadian itu, kata dia, terdapat empat mobil yang tertimbun oleh longsor yakni tiga kendaraan pribadi dan satu unit truk namun tidak terdapat korban jiwa pada peristiwa itu.

"Untuk penumpang di kendaraan itu sudah kita amankan dan semua dalam kondisi sehat," kata dia.

Ia pun mengimbau agar pengendara baik roda dua maupun roda empat dapat berhati-hati saat melintasi jalan itu sebab saat ini masih dilakukan pembersihan dan kondisinya juga masih licin.

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar