SMN asal Gorontalo kunjungi TN Waykambas

id Tnwk, siswa mengenal nusantara, bumn, gajah

SMN asal Gorontalo kunjungi TN Waykambas

SMN asal Gorontalo melihat aksi gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung (Antara Lampung/Muklasin)

 Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Gorontalo mengunjungi Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung,  Minggu.
       
Sebanyak 24 siswa SMA Gorontalo program SMN  itu sebelumnya telah mengunjungi sejumlah tempat di Lampung untuk melihat dan mengenal keragamaan budaya dan kekayaan nusantaranya lainya. 
       
Di Way Kambas  SMN dari Gorontalo difasilitasi dan didukung sejumlah perusahaan BUMN di antaranya PT Semen Batu Raja,  Kimia Farma,  Perusahaan Perdagangan Indonesia,  Perumnas,  dan Jamkrindo.
           
Tiba di Pusat Latihan Gajah (PGK) Way Kambas mereka disambut Marini,  Penyuluh Kehutanan Balai Taman Nasional Way Kambas.
           
"Selamat datang SMN dari Gorontalo di Way Kambas. Kami akan menjelaskan tentang Way Kambas, " kata Marini kepada siswa SMN dan para pendampingnya.
           
Mereka juga dapat bertanya terkait TNWK, mengingat di Gorontalo tidak ada gajah,
           
Marini menjelaskan lebih detail tentang Way Kambas sambil mengajak mengunjungi sejumlah sarana dan fasilitas yang terdapat di PKG Way Kambas.
           
 Sarana yang pertama kali di kunjungi adalah kandang gajah atau seluas sekitar empat hektare, berikutnya tempat mandi gajah.
               
Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan pertukaran pelajar antarprovinsi melalui proses pertukan informasi dan kebudayaan supaya saling mengenal keragamaan budaya maupun kekayaan daerah lain.
         
Tujuanya menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragamaan kekayaan nusantara. 
         
Program SMN dimulai sejak tahun 2015 yang diinisiasi Kementerian BUMN dan difasilitasi seluruh BUMN di wilayah masing-masing di seluruh Indonesia.