KPU Tulangbawang terima syarat dukungan calon perseorangan

id ketua kpu tuba reka pannata, pilkada 2017

KPU Tulangbawang terima syarat dukungan calon perseorangan

Ketua KPU Tulangbawang Reka Punnata saat memberikan keterangan kepada wartwan (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

Tulangbawang, Lampung  (ANTARA Lampung) - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Tulangbawang Provinsi Lampung dari jalur perseorangan atau independen Syarnubi-Solihah serta Ediyanto-Mulyono telah menyerahkan syarat dukungan KTP ke KPU kabupaten setempat.

Ketua KPU Tulangbawang Reka Punnata, di Menggala, Kamis, menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima pemasukan berkas KTP dukungan dua pasangan calon perseorangan, yaitu Syarnubi dan Solihah yang mendaftarkan diri sekitar pukul 14.30 WIB, Rabu (10/8), disusul kemudian pasangan Ediyanto-Mulyono.

Solihah yang merupakan Ketua Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Tulangbawang pernah menjadi calon Wakil Bupati Tulangbawang pada Pilkada 2012 berpasangan dengan Ismet Roni yang kalah dari pasangan Handoyo.

"Ini calon wakil saya, ibu Solihah Ketua PC Muslimat NU Tulangbawang," kata Syarnubi.

Syarnubi adalah kader Partai Golkar Tulangbawang yang memantapkan diri maju pada pilkada melalui jalur perseorangan, meskipun Golkar mendukung pasangan Hanan A Rozak dan Heri Wardoyo (Handoyo).

Syarnubi yakin dan optimistis bisa meraih kemenangan dengan perjuangan para tim sukses, simpatisan dan seluruh lapisan masyarakat.

"Kami membawa sebanyak 31.333 dukungan KTP. Nanti akan langsung diverifikasi oleh KPU Tulangbawang," kata dia pula.

Ketua KPUD Tulangbawang Reka Punnata mengatakan setelah pihaknya menerima pendaftaran calon perseorangan, yakni Syarnubi dan Solihah, kemudian mendaftar pula pasangan bakal calon dari jalur perseorangan lainnya, Ediyanto-Mulyono yang datang ke KPUD setempat, Rabu, pukul 15.40 WIB.

Mereka tiba di KPU sekitar pukul 15.25, dikawal kerabat dan pendukungnya.

Dalam kesempatan tersebut pihak KPU Tulangbawang langsung melakukan verifikasi jumlah dukungan KTP.

Untuk pasangan Syarnubi-Solihah hasil verifikasi dukungan mengalami penurunan 44 KTP dukungan, dari 31.377 menjadi 31.333 KTP, kata Reka.

Sedangkan untuk pasangan perseorangan Ediyanto-Mulyono dengan membawa dukungan sebanyak 30 ribu KTP kolektif dan perseorangan.

Setelah dilakukan verifikasi sementara, pihak KPU Tulangbawang mengatakan syarat pendaftaran pasangan ini memenuhi persyaratan.

Langkah selanjutnya KPU setempat akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual di lima belas kecamatan yang menjadi penyebaran KTP dukungan.

Sementara itu, Tim Sukses Ediyanto-Mulyono Ridwansyah mengatakan pihaknya mengaku bersyukur bisa mendaftarkan diri ke KPU Tulangbawang dengan syarat dukungan KTP yang memenuhi syarat.

Bila nantinya lolos tahapan veirifikasi adminitrasi dan faktual, maka pasangan perseorangan itu akan menjadi pesaing pasangan calon yang akan diusung partai politik dan koalisi parpol.

Saat ini, yaitu Hanan A Rozak dan Heri Wardoyo (Handoyo) dan Winarti-Hendriwansyah disebut-sebut akan maju lewat jalur parpol.  (Ant)