UMKM kerajinan tas berkembang dengan kemudahan KUR BRI

id Lampung, bri, bri lampung, bri ro bandarlampung, umkm, lampung kuralin, kuralin

UMKM kerajinan tas berkembang dengan kemudahan KUR BRI

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memegang tas salah satu produk Kuralin bag yang berhasil menembus pasar internasional. ANTARA/HO

BRI sangat mempermudah dan membantu kami UMKM yang ada.

Bandarlampung (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menjadi mitra BRI, salah satunya yaitu program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI yang selama ini sudah berjalan di Provinsi Lampung. 

Salah satu UMKM yang mendapatkan bantuan KUR BRI yaitu pemilik toko penjual tas Kuralin, Ricky Ramico mengatakan, tas Kuralin merupakan produk asli dari Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Ricky menjelaskan, Kuralin Bag juga menjadi salah satu produk UMKM yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung ini merupakan salah satu tempat penjualan oleh-oleh khas lampung.

Selain itu  kerajinan tas yang ada di Kuralin Bag ini juga sudah dikenal di Indonesia bahkan sampai luar negeri.

“Jadi Kuralin Bag ini banyak sekali pilihan oleh-oleh khas kabupaten Pesisir Barat, mulai dari tas, peci dan lainnya,” kata Ricky, Senin, (15/4).

Ia menjelaskan, pengembangan produk UMKM yang dimiliki tidak lepas dari dukungan BRI. BRI memberikan kemudahan dengan pinjaman KUR yang ada, membuat UMKM bisa terus mengembangkan usahanya dan memperuas bidang usaha yang ada.

“BRI sangat mempermudah dan membantu kami UMKM yang ada, bisa melalui pinjaman KUR yang ada di BRI usaha kami bisa dikembangkan lebih besar lagi dan jumlah produksi lebih banyak lagi,” katanya pula.

Ricky mengatakan, untuk membuat produk UMKM seperti ini, dirinya memberdayakan masyarakat agar ibu-ibu di sekitar lokasi usaha ada penghasilan tambahan untuk membantu keluarganya.

Dia mengatakan, untuk pemasaran tas Kuralin ini sudah hampir ke seluruh Indonesia.

"Kalau pemasaran di Indonesia ya di Aceh, Surabaya, Bangka Belitung, Makassar Jakarta, dan kalau Lampung sudah seluruh kabupaten dan kota di Lampung," ujarnya lagi.

Bahkan, kata dia pula, pemasarannya tidak hanya di Indonesia saja, tas Kuralin tersebut sudah sampai ke luar negeri.

"Kalau mancanegara pemasaran kita sudah sampai ke Prancis," ujar dia.

Keunggulan dari tas Kuralin bag ini adalah kuat dan tahan lama serta tahan air dan bisa dicuci serta ramah lingkungan.

"Ciri khasnya Kuralin bag ini ada tempelan atau tambahan tapis, karena Pesisir Barat kan terkenal tapisnya halus dan bagus," katanya lagi.

Untuk harga, kata dia, harga tas Kuralin ini cukup murah dan terjangkau.

"Harga tas mulai dari Rp20 ribu sampai Rp150 ribu paling mahal," kata Ricky.

Dia mengatakan, pemerintah mendukung seperti pelatihan-pelatihan dan mengikutsertakan ke pameran.

Baca juga: BRI Palembang berangkatkan 500 pemudik ke Lampung

Baca juga: Jadi agen BRILink menangkan program kebut transaksi brilink mobile