Mobil listrik China incar pasar Eropa

id mobil listrik China,pasar Eropa,Automobile Barcelona

Mobil listrik China incar pasar Eropa

Foto Dokumen: Orang-orang melihat NETA GT Speedster yang dipamerkan selama Pameran Industri Otomotif Internasional Shanghai ke-20, juga dikenal sebagai Auto Shanghai 2023, di Shanghai, 25 April 2023. ANTARA/Xinhua/Wang Xiang

Barcelona (ANTARA) - Para pembuat mobil China telah mengincar pasar mobil listrik Eropa, dengan sepertiga dari perusahaan yang berpameran di pameran Automobile Barcelona minggu ini berasal dari China.

Merek China BYD Auto, produsen kendaraan listrik terkemuka China, hadir di pameran tersebut, bersama DFSK dan SWM dari grup Invicta, Maxus, Evo, DR, ICKX, dan Aiways.

"Kami memiliki banyak merek China tahun ini, yang merupakan kesuksesan nyata karena menunjukkan bahwa mereka melihat Barcelona sebagai pintu gerbang ke Eropa; ke pasar baru untuk mobil mereka, yang menarik, berharga murah, dan semuanya bertenaga listrik," Enrique Lacalle, presiden Automobile Barcelona, mengatakan kepada Xinhua.

"Pada edisi berikutnya dalam waktu dua tahun kami berharap dapat melihat lebih banyak lagi merek China di sini," tambahnya.

Pada tahun 2022, pembuat mobil listrik China menggandakan pangsa pasar mereka di Eropa menjadi 9,0 persen, menurut konsultan Inovev. Sementara itu, studi terbaru dari PwC memperkirakan pada tahun 2025 hingga 800.000 mobil buatan China dapat dijual di Eropa.

Pasar mobil listrik China juga berkembang pesat di Spanyol, dengan impor mobil listrik buatan China berlipat ganda pada 2022, menurut angka yang diterbitkan pada Maret oleh asosiasi produsen mobil Spanyol. Nilai impor ini naik menjadi 1,39 miliar euro (1,51 miliar dolar AS), naik dari 68 juta euro (73,86 juta dolar) pada 2021.