Penjabat Bupati Mesuji bagikan bantuan guru ngaji hingga penanganan stunting

id Lampung, mesuji, kesehatan, pelayanan kesehatan,kabupaten mesuji

Penjabat Bupati Mesuji bagikan bantuan guru ngaji hingga penanganan stunting

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar membagikan bantuan guru ngaji hingga penanganan stunting. ANTARA/HO.

Banyak yang harusĀ  dilakukan, yang utama adalah infrastruktur jalan menuju ke desa.
Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar bersama Ketua Tim Penggerak PKK setempat dan rombongan kembali melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (21/2).

Dalam sambutannya Sulpakar mengatakan, banyak yang harus  dilakukan, yang utama adalah infrastruktur jalan menuju ke desa. Untuk itu, dia mengajak mari kita bergerak bersama untuk membangun Mesuji.

Menurutnya, Kabupaten Mesuji bukan merupakan lokasi prioritas pembangunan nasional. Untuk itu perlu koordinasi dan komunikasi serius dengan pemerintah pusat hingga kementerian, untuk membuka jalan bagaimana Kabupaten Mesuji menjadi prioritas pembangunan dan dukungan pembiyaaan dari APBN.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Mesuji menyerahkan bantuan yang diberikan secara simbolis.

Bantuan yang diberikan kepada empat desa di wilayah Kecamatan Tanjung Raya dengan periode bulan Januari sampai Maret 2023, diberikan kepada Desa Brabasan dengan nilai Rp27 juta BLT Dana Desa triwulan 1, Desa Muktijaya dengan nilai Rp26.100.000, Desa Mekar Jaya dengan besaran BLT Dana Desa triwulan 1 sebesar Rp20.700.000.

Melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemerintah Kabupaten Mesuji memberikan bantuan berupa insentif penjaga balai KB di wilayah Kecamatan Tanjung Raya sebesar Rp750.000 per bulan dan diberikan satu bulan untuk periode Januari 2023.

Kemudian, paket data tim pendamping keluarga senilai Rp10.800.000 yang akan diberikan untuk 108 kader pendamping keluarga dengan besaran Rp100.000 per orang per bulan

Paket data siaga untuk Balai Penyuluh KB Kecamatan Tanjung Raya sebesar Rp400.000 diberikan 1 bulan periode Januari, dan insentif tim pendamping keluarga sebesar Rp300.000 diberikan 1 bulan periode Januari 2023.

Melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Mesuji memberikan bantuan insentif kepada guru keagamaan, di antaranya guru ngaji sebesar Rp250.000 per bulan, dan dengan jumlah yang sama juga diberikan kepada guru Injil, guru Tripitaka, guru Pasraman, dan penjaga makam senilai Rp2.500.000 dengan rincian 10 bulan.

Melalui Dinas Sosial Kabupaten Mesuji memberikan bantuan kepada kelompok usaha bersama atau KUBE sebesar Rp50 juta kepada KUBE Jaya Abadi Desa Mekarsari.

Sebesar Rp50 juta juga diberikan kepada KUBE Bakal Maju Desa Kagungan Dalam dan KUBE Makmur Jaya Desa Brabasan Makmur senilai Rp50 juta. Semua bantuan pengeluaran KUBE merupakan anggaran belanja pendapatan daerah Dinas Sosial Kabupaten Mesuji bidang penanganan fakir miskin.

Dinas Lingkungan Hidup menyerahkan bibit tanaman kepada Desa Mekarsari dan Desa Kagungan Dalam.

Dinas Ketahanan Pangan memberikan bantuan pangan untuk penanganan stunting di Kecamatan Tanjung Raya, dan bantuan diberikan kepada
Desa Kagungan Dalam, Desa Harapan Mukti, Desa Mukti Jaya, dan Desa Bujung Buring Baru dengan besaran Rp30 juta per desa.

Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji memberikan bantuan berupa peralatan pengolahan ikan dan sistem rantai dingin. Penerima pertama Poklasar Sri Tanjung Indah Rp17.490.500, Poklasar Sri Tanjung Cantik Rp17.490.500.

Dinas Perikanan juga memberikan bantuan paket olahan ikan untuk balita di bawah umur 2 tahun dan anak sekolah dasar dalam rangka untuk memutuskan stunting di Kabupaten Mesuji dalam giat gemar ikan tahun 2023.
Baca juga: Pemerintah Kabupaten Mesuji salurkan bantuan ke korban puting beliung
Baca juga: Dispusar Kabupaten Mesuji ikuti workshop hasil pengawasan audit sistem Kearsipan Eksternal (ASKE)