Lampung raih peringkat kedua dalam layanan jaminan produk halal

id Lampung,Kemang,Sehati,Halal,Sertifikasi halal

Lampung raih peringkat kedua dalam layanan jaminan produk halal

Ketua Satgas Halal Provinsi Lampung Marwansyah saat menerima penghargaan karena meraih predikat kedua pada Penghargaan Satgas Layanan Jaminan Produk Halal Provinsi Teraktif Tahun 2022. ANTARA/HO

Saya berharap penghargaan ini menjadi lokomotif yang mampu mendorong dan memotivasi stakeholder dan pelaku usaha.
Bandarlampung (ANTARA) - Provinsi Lampung meraih penghargaan tahap kedua kategori jasa penjaminan produk halal provinsi teraktif pada Festival Halal Indonesia 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Badan Penjamin Produk Halal ( BPJPH ).

Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala BPJPH  Muhammad Aqil  Irham kepada Ketua Satgas Halal Provinsi Lampung Marwansyah , di Asrama Pondok Gede Haji, Jakarta, Rabu.

Ketua Satgas Halal Provinsi Lampung Marwansyah  mengucapkan terima kasih atas capaian yang telah dicapai dan berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan di provinsi tersebut dalam rangka percepatan sertifikasi halal. 

“Termasuk dukungan dari pemerintah pusat melalui Badan Penjamin Produk Halal ( BPJPH ) Kementerian Agama (Kemenag), dan pemangku kepentingan lainnya yang selalu bersinergi, berkoordinasi dan berkolaborasi dalam mendukung percepatan sertifikasi halal di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih Lampung merupakan hasil kerja sama tim mulai dari Kepala Kanwil Kemenag, Satgas Halal Provinsi Lampung, Kabid, Kemenag kabupaten dan kota, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Satgas Halal kabupaten dan kota, kepala KUA , kepala madrasah, penyuluh PNS dan non PNS, serta PPH.

“Ke depannya, kelemahan-kelemahan dalam pelaksanaan program sertifikasi halal gratis (Sehati) Level 1 dan 2 akan kami perbaiki. Hingga tahun depan, percepatan Sertifikasi Halal di Kemenkes Provinsi Lampung akan lebih maksimal lagi,” ujarnya. dikatakan.

Kepala  Kanwil Kementerian Lampung Kanwil Puji Raharjo mengapresiasi kinerja satgas jasa penjaminan produk halal yang meraih predikat kedua pada Anugerah Satgas Jasa Jaminan Produk Halal Provinsi Teraktif Tahun 2022 . Kita patut bersyukur, capaian ini merupakan kerja keras seluruh jajaran Kementerian Agama Provinsi Lampung,” ujarnya.

Kakanwil menegaskan akan terus mendorong percepatan sertifikasi halal di Provinsi Lampung agar terus berkembang. Hal ini dilakukan agar industri halal mampu mendorong percepatan kebangkitan ekonomi syariah yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap penghargaan ini menjadi lokomotif yang mampu mendorong dan memotivasi stakeholder dan pelaku usaha untuk terus bersinergi dalam mendukung percepatan sertifikasi halal di Lampung,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Lampung telah berhasil membantu 14.558 pelaku usaha mikro kecil (UMK) di provinsi tersebut memperoleh sertifikat halal gratis melalui program Sehati.
Baca juga: Pendidik menyisir UMKM di Bandarlampung untuk sertifikasi halal
Baca juga: Kementerian Agama Lampung meminta pelaku usaha segera menyelesaikan sertifikasi halal