Delegasi W20 kunjungi Huta Siallagan Samosir

id W20, samosir

Delegasi W20 kunjungi Huta Siallagan Samosir

Delegasi W20 mengunjungi Objek wisata Huta Sialagan di Kabupaten Samosir (ANTARA/Juraidi)

Samosir (ANTARA) - Delegasi W20 Summit 2022 dari sejumlah negara pada hari kedua kegiatan berkesempatan mengunjungi destinasi wisata Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu.

Sebelum memasuki Huta Siallagan delegasi W20 disematkan ulos oleh Bupati Samosir Vandiko T Gultom dan sejumlah pejabat daerah setempat sebagai ucapan selamat datang.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyebutkan pihaknya menyambut baik kedatangan delegasi W20 karena kegiatan ini akan semakin mengenalkan pariwisata Samosir di dunia.

Di lokasi acara, para delegasi W20 mendapat penjelasan tentang sejarah Huta Siallagan yang dipandu Gading Siallagan.

Di tengah perkampungan terdapat meja dan kursi batu yang melingkarinya. Situs tersebut disebut Batu Persidangan yang berusia ratusan tahun.

Ada dua batu kursi persidangan, pertama, kelompok batu kursi yang berada di depan rumah raja berdekatan dengan rumah adat lainnya. Kedua, rangkaian batu kursi beserta meja lengkap dengan kursi untuk raja, para penasehat, dan tokoh adat.

Di lokasi para delegasi peserta W20 juga turut belajar menari tarian daerah yang dipandu instruktur Pery Sagala, Marlita Simbolon, Herlina Manalu dan penari Huta Siallagan.

Huta Siallagan adalah sebuah kawasan wisata di tepian Danau Toba peninggalan budaya Batak Toba dengan latar belakang Rumah Bolon. Huta Siallagan berada di Desa Ambarita Kecamatan Simanindo,Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Setelah direvitalisasi, Huta Siallagan diresmikan kembali oleh Presiden Joko Widodo pada Februari 2022. Huta Siallagan terkenal dengan Batu Persidangan, peninggalan budaya persidangan Batak Toba.