500 pelari ramaikan Samosir Lake Toba 2022

id Samosir Lake Toba Ultra 2022, danau toba, samosir

500 pelari ramaikan Samosir Lake Toba 2022

Bupati Samosir Vandigo Gultom melepas peserta Samosir Lake Toba Ultra 2022 (ANTARA/HO)

Pangururan (ANTARA) - Sebanyak 500 pelari meramaikan kejuaraan Samosir Lake Toba Ultra 2022 yang digelar Pemkab Samosir, Sumatera Utara, Sabtu dan dari jumlah tersebut terdapat sejumlah pelari mancanegara.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom di Pangururan, Sabtu, mengatakan Samosir Lake Toba Ultra 2022 merupakan ke-enam kalinya di gelar Samosir.

Kejuaraan sendiri melombakan lari jarak 50, 25,12 dan 5 km dengan peserta dari berbagai daerah dari luar Kabupaten Samosir. Untuk dari mancanegara diantaranya dari Malaysia (9 orang) Jepang (2 orang), India (1 orang) dan Belanda 4 (orang).

Samosir Lake Toba Ultra 2022 sendiri dilaksanakan dalam terbatas dengan jumlah peserta 500 orang, mengingat masih dalam pandemi COVID-19.

Samosir Lake Toba Ultra digelar untuk menggeliatkan pariwisata Samosir sebagai kawasan strategi pariwisata nasional, melalui sport tourism.

"Salah satu yang dijual adalah panorama alam yang indah disepanjang rute yang dilewati. Peserta dapat sambil berswafoto sepanjang rute, dan ketika diposting akan menjadi promosi untuk menarik wisatawan ke Samosir," katanya menambahkan.