Samosir, Kampung Bawang Merah Nasional

id samosir, bawang merah,Kampung Bawang Nasional,Antara Lampung,Lampung Update

Samosir, Kampung Bawang Merah Nasional

Salah satu kelompok tani di kabupaten Samosir yang menerima bantuan bibit bawang merah (ANTARA/HO)

Pangururan (ANTARA) - Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, menjadi salah satu sasaran pengembangan program Kampung Bawang Merah Nasional pada tahun ini dengan total luas lahan mencapai 40 hektare yang tersebar di enam kecamatan.

"Bantuan bibit bawang merah kepada kelompok tani juga sudah dilakukan demi berjalannya pengembangan program nasional tersebut," kata Kabid Tanaman dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Samosir,Sondang H Sukmana di Pangururan, Senin.

Bantuan bibit bawang merah varietas Batu Ijo diberikan kepada 12 kelompok tani di 4 kecamatan yakni Kecamatan Pangururan 2 ton, Sitiotio 9 ton, Simanindo 5 ton dan Kecamatan Nainggolan 2 ton.

Untuk Varietas Biru Lancor, didistribusikan kepada 12 kelompok tani di empat kecamatan yakni Kecamatan Pangururan 6 ton, Sitiotio 9 ton, Sianjur Mulamula 6 ton dan Kecamatan Palipi 1 ton.

Bantuan bibit kepada kelompok tani tersebut dilakukan demi memacu semangat petani bawang merah Samosir untuk meningkatkan produktivitas dan tentunya demi peningkatan pendapatan petani itu sendiri.