BPBD Lampung bentuk desa tangguh bencana minimalkan kerugian

id bpbd lampung, desa tangguh bencana,bencana alam

BPBD Lampung bentuk desa tangguh bencana minimalkan kerugian

Ilustrasi banjir (FOTO ANTARA/dok)

Pelatihan ini juga melibatkan tim dari Basarnas dan aparat TNI, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung membentuk desa tangguh bencana di daerah setempat sebagai upaya mengedukasi warga dalam meminimalkan dampak kerugian akibat bencana alam yang mungkin terjadi.

"Desa tangguh bencana ini sebagai upaya menekan dampak kerugian akibat bencana alam yang sering terjadi di Lampung," kata Kepala BPBD Provinsi Lampung, Rudi Syawal Sugiarto, di Bandarlampung, Selasa.

Pihaknya setiap tahun mempunyai program membentuk desa tangguh bencana di pelosok Lampung terutama di daerah yang memiliki tingkat resiko rawan bencana tinggi.

Baca juga: Di Lampung ada tujuh daerah rawan bencana

Menurut dia, untuk tahun 2021 ini rencananya ada empat desa tangguh bencana yang akan dibentuk di kabupaten/kota, namun saat ini baru satu yang telah terbentuk yaitu di Desa Sragi Kabupaten Lampung Selatan yang sering mengalami banjir bandang.

Pihaknya juga melatih masyarakat di daerah itu untuk dapat melakukan evakuasi mandiri ketika terjadi bencana, bagaimana menghadapi bencana dan bagaimana bisa bangkit ketika terjadi bencana?.

Baca juga: Itera bahas potensi bencana longsor di Provinsi Lampung

"Pelatihan ini juga melibatkan tim dari Basarnas dan aparat TNI," katanya.

Kepada warga terus diingatkan untuk selalu waspada dalam menghadapi ancaman bencana, karena Lampung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi kerawanan bencana cukup tinggi, demikian Rudi Syawal Sugiarto.