LKC DD Banten berikan edukasi dan paket nutrisi bagi Ibu hamil dan menyusui dalam pekan ASI Sedunia

id Dompet Dhuafa

LKC DD Banten berikan edukasi dan paket nutrisi bagi Ibu hamil dan menyusui dalam pekan ASI Sedunia

LKC DD Banten berikan edukasi dan paket nutrisi bagi Ibu hamil dan menyusui dalam pekan ASI Sedunia. Foto Dompet Dhuafa

ASI itu sangatlah baik ya, karena pada dasarnya terkadang Ibu-Ibu kurang mengetahui apa arti sesungguhnya dari ASI, mungkin karena kesibukannya kadang-kadang ASI diganti dengan susu formula, ungkap Ketua Kader Pos Sehat ​​​​​​​Rita
Banten (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Pekan ASI (Air Susu Ibu) atau menyusui Sedunia yang jatuh pada 1 sampai 7 Agustus, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Banten melaksanakan serangkaian acara yang berlokasi di RT 3, Kampung Kosong, Tangerang Selatan, Banten, mulai dari edukasi sampai dengan demo masak kepada Ibu hamil dan Ibu menyusui, Jumat (13/08).

“Acara yang berlangsung hari ini adalah edukasi, yaitu edukasi tentang betapa pentingnya menyusui bayi dengan ASI, dimana ASI itu memiliki nutrisi yang sangat banyak untuk bayi, daripada memakai susu formula, kemudian setelah edukasi tentang ASI kita juga memberikan edukasi tentang makanan sehat yang diberikan kepada bayi agar nutrisinya terpenuhi,” jelas Ahli Gizi LKC-DD Banten Meyta Winduka yang juga bergerak sebagai penanggung jawab kegiatan pada kegiatan kali ini.

Setelah diadakan edukasi Ibu hamil dan Ibu menyusui, LKC-DD Banten melanjutkan rangkaian kegiatan dengan mengadakan demo masak.

Baca juga: Dompet Dhuafa gulirkan plasma ternak dan ketahanan pangan berbasis pesantren di Kebumen

“Menu kudapan hari ini yang akan diberikan adalah gandasturi dengan bahan dasar kacang hijau. Kacang hijau memiliki nilai gizi yang sangat padat, ada karbohidrat sebagai sumber energi, protein sebagai pembangun dan vitamin mineral sebagai set pengaturnya. Jadi kudapan ini Insya Allah sudah cukup memenuhi nilai gizi bagi tubuh manusia,” tutur Meyta.

Peringatan pekan ASI Sedunia ini digelar dengan harapan para ibu yang sedang hamil ataupun menyusui mendapatkan informasi tentang kebaikan dari ASI.

“ASI itu sangatlah baik ya, karena pada dasarnya terkadang Ibu-Ibu kurang mengetahui apa arti sesungguhnya dari ASI, mungkin karena kesibukannya kadang-kadang ASI diganti dengan susu formula,” ungkap Ketua Kader Pos Sehat Rita.

Selain diberikan edukasi, para Ibu hamil dan Ibu menyusui yang mengikuti acara hari ini mendapatkan bingkisan berupa paket makanan nutrisi guna memenuhi kebutuhan gizi bayi. 

Baca juga: KolaborAksi Passatu-Dompet Dhuafa hadirkan 800 paket sembako

“Penerima manfaat yang mendapatkan bingkisan paket makanan nutrisi ada 15 orang, diantaranya 12 orang Ibu menyusui dan tiga orang Ibu hamil,” ujar Rita.

Salah seorang penerima manfaat mengungkapkan kegiatan ini merupakan hal yang bermanfaat bagi para peserta yang hadir. 

“Dengan adanya edukasi ini kita yang hadir mendapatkan banyak manfaat ya, mulai dari cara menyusui yang baik dan benar, memberi makan anak dan itu sangat penting untuk si kecil, terima kasih LKC Dompet Dhuafa yang telah mengadakan kegiatan pekan ASI ini,” ujar Junaily Laela Wati (29), salah seorang peserta kegiatan.. 

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.