Timnas Indonesia Persiapan SEA Games taklukkan Tira Persikabo 2-0

id sea games,shin taeyong,timnas indonesia

Timnas Indonesia Persiapan SEA Games taklukkan Tira Persikabo 2-0

Sejumlah pesepak bola Tim Nasional U-22 berlatih di Lapangan D, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (2/3/2021) ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia persiapan SEA Games berhasil menaklukkan Tira Persikabo dengan skor 2-0 dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Gol-gol timnas Indonesia itu dilesakkan oleh I Kadek Agung ('45+1) dan Muhammad Rafli (49').

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-4-2, dengan duet Kushedya Yudo dan Dendy Sulistyawan di depan sementara kwartet Hanif Sjahbandi, Feby Eka Putra, Adam Alis dan I Kadek Agung menghuni lini tengah.

Kemudian di lini belakang, ada Pratama Arhan, Muhammad Rizky Ridho, Rachmad Irianto serta Rifad Marasabessy. Lalu Muhammad Riyandi mengawal mistar gawang timnas.

Sementara Tira Persikabo, yang turun tanpa pemain asing, menurunkan pemain-pemain lokal andalan seperti Abduh Lestaluhu, Muhammad Dimas Drajad dan Wawan Febrianto.

Dalam lima menit pertama, timnas Indonesia tertekan oleh serangan demi serangan Tira Persikabo. Pada masa ini, Izmi Hatuwe dan Wawan Febrianto sempat melepaskan tendangan tetapi belum menemui sasaran.

Namun, pelan-pelan Rachmat Irianto dan kawan-kawan keluar dari tekanan. Mengandalkan serangan dari sayap, Indonesia berhasil membuat barisan pertahanan Tira Persikabo kewalahan. Kiper Syahrul Fadilah juga terpaksa berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Meski demikian, skuad Garuda baru berhasil membuat gol pada menit ke 45+1 melalui tendangan melengkung I Kadek Agung dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari Pratama Arhan.

Total, Indonesia menciptakan 16 kali percobaan ke arah gawang sepanjang babak pertama yang berakhir 1-0 untuk keunggulan anak-anak Shin Tae-yong.

Pada paruh kedua, Indonesia menambah skor pada menit ke-49 berkat sundulan Muhammad Rafli, yang masuk menggantikan Dendy Sulistyawan. Rafli sukses memanfaatkan umpan silang Kushedya Hari Yudo.

Tira Persikabo, yang juga memasukkan beberapa pemain baru termasuk Manahati Lestusen, praktis tidak memiliki peluang berbahaya pada 45 menit kedua seiring disiplinnya permainan timnas Indonesia.

Skor 2-0 pun tidak berubah sampai wasit M. Agung meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Berikut susunan pemain 11 pertama kedua tim.

Timnas persiapan SEA Games: Muhammad Riyandi-pg, Rifad Marasabessy, Muhammad Rizky Ridho, Rachmat Irianto (kapten), Pratama Arhan, I Kadek Agung Widnyana, Hanif Sjahbandi, Feby Eka Putra, Adam Alis, Dendy Sulistyawan, Kushedya Hari Yudo.

Tira Persikabo: Syahrul Trisna Fadilah-pg, Didik Wahyu, Juliyano Pratama, Abduh Lestaluhu, Dava Ardiansha, Guntur Triaji, Izmi Hatuwe, Roni Sugeng, Wawan Febrianto, Ahmad Nufiandini, Muhammad Dimas Drajad.