Bupati Lampung Barat hadiri acara HPSN di kecamatan sumber jaya

id lampung, lampung barat, lambar

Bupati Lampung Barat hadiri acara HPSN di kecamatan sumber jaya

Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, menghadiri peringatakan Hari Peduli Sampah Nasionalm (HPSN) (Antaralampung/Doc Pemkab Lambar)

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dipusatkan di Lingkungan Kantor Kecamatan Sumber Jaya.

“Sampah menjadi persoalan kita bersama, mari kita bersama-sama mengurangi sampah plastik. Dan para pengrajin juga bisa memanfaatkan sampah sebagai sebuah pendapatan bagi masyarakat,” kata Parosil, di Lampung Barat, kemarin.

Menurutnya, persoalan sampah ini harus menjadi pekerjaan rumah bersama, bukan hanya pemerintah Kabupaten Lampung Barat, tetapi masyarakat juga harus bisa mengurangi sampah-sampah yang susah dilebur oleh alam.

Penggunaan kantong plastik di masyarakat masih sangat tinggi, ini harus perlu dilakukan sosialisasi secara rutin dan berkala kepada masyarakat, bahwa penggunaan kantong plastik juga tidak bagus karena susah dilebur oleh alam dan butuh ratusan tahun untuk bisa dilebur oleh alam.

Parosil menjelaskan, saat ini masyarakat harus menggunakan kantong belanja organik dan ramah lingkungan.

“Mulai dari sekarang kita harus bisa mengurangi sampah plastik, dan beralih ke kantong belanja ramah lingkungan,” katanya

Ia mengatakan, selain sampah menjadi masalah di dunia, sampah juga bisa menjadi berkah para pengerajin di kalangan masyarakat. Karena banyak bekas, botol yang bisa di manfaatkan untuk menjadi sebuah kerajinan yang dapat menghasilkan uang.

“Masyarakat juga harus bisa melihat peluang untuk mendapatkan uang, dengan salah satunya memanfaatkan sampah menjadi barang bermanfaat bagi masyarakat luas,” jelasnya