Taman Nasional Way Kambas paling banyak menyimpan badak sumatera

id Tnwk, way kambas, kepala balai way kambas subakir

Taman Nasional Way Kambas paling banyak menyimpan badak sumatera

badak sumatera di suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur. (foto Antaralampung/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA) - Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung adalah taman nasional yang paling banyak menyimpan badak sumatera.

Dari  80 ekor yang tersisa di hutan Sumatera, 40 di antaranya hidup di alam hutan Taman Nasional Way Kambas. Sisanya tersebar di sejumlah taman nasional di Pulau Sumatera.

"Taman Nasional Way Kambas yang paling banyak badak sumateranya," kata Kepala Balai TNWK Subakir di Lampung Timur, Jumat pagi.

Subakir menyebutkan, 7 ekor badak sumatera berada di pusat penangkaran badak sumatera atau suaka rhino sumatera TNWK. 33 ekor hidup di alam hutan Way Kambas.

"Hasil penelitian para peneliti, di Sumatera ini hidup badak sumatera sekitar 80 ekor, Sebanyak 80 itu terbagi di sejumlah taman nasional di sumatera, yang paling banyak badak sumatera hidup di Taman Nasional Way Kambas. Ini real, kata para peneliti begitu," ungkap dia.

Menurut Subakir, TNWK paling banyak menyimpan Badak Sumatera karena habitatnya aman dari perambah hutan.

"Way Kambas aman karena tidak ada perambah hutan. Kalau ada perambah satwanya akan kalah. Dan Way Kambas alhamdulillah jauh dari perambah sehingga badak berkembang biak," ujarnya.

Baca juga: Suaka Rhino Sumatera II habitat bagi badak liar Way Kambas
Baca juga: Kandang baru bagi badak di Suaka Rhino Sumatera


 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar