Pemkab Sumba Timur membenahi fasilitas objek wisata Taman Matawai

id Pemkab Sumba Timur,Taman Wisata Matawai,Kota Waingapu,Kabupaten Sumba Timur,Wisata Sumba Timur

Pemkab Sumba Timur membenahi fasilitas objek wisata Taman Matawai

Objek wisata Taman Sandalwood Matawai di Kota Sumba Timur, ibu kota Kabupaten Sumba Timur, di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Foto/istimewa)

"Pembenahan Taman Matawai ini kami lakukan dengan membangun pagar tembok keliling dan juga pusat cinderamata," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Risparia Ranggambani.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur membenahi Taman Matawai dengan memperbaiki sejumlah fasilitas penunjang untuk objek wisata dalam kota di daerah paling timur Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Pembenahan Taman Matawai ini kami lakukan dengan membangun pagar tembok keliling dan juga pusat cinderamata," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Risparia Ranggambani, ketika dihubungi dari Kupang, Rabu.
Baca juga: Kemagisan kuburan batu Ratenggaro jadi daya tarik

Dia mengatakan, progres pembangunan sejumlah fasilitas pendukung di objek wisata tersebut sudah mencapai 95 persen dan hanya tersisa perbaikan pintu masuk dan keluar.

Risparia menyebut, penataan kembali Taman Matawai itu dilakukan dengan dukungan dana dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAK) fisik dengan nilai sekitar Rp1 miliar lebih.

Dia menjelaskan, pembanguan fasilitas pagar keliling ini untuk menunjang aspek keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung karena objek wisata ini berada di tengah Kota Waingapu, ibu kota kabupaten setempat.

Selain itu, lanjutnya, pusat cinderamata juga dihadirkan sebagai bagian dari pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat.

"Pembangunan fasilitas pendukung ini hampir tahap finishing dan target kami sudah selesai sebelum Desember mendatang," katanya.
Baca juga: Kelola wisata kampung adat pemerintah desa di Sumba Barat menggunakan Dana Desa

Dia menjelaskan, Taman Matawai menjadi prioritas pembenahan mengingat objek wisata merupakan bagian dari wajah Kota Waingapu yang perlu dipercantik untuk menarik minat kunjungan wisatawan.

Objek wisata taman ini, lanjutnya, menyajikan ruang terbuka hijau sehingga cocok menjadi lokasi rekreasi yang selama ini ramai dikunjungi hingga malam hari.

Risparia menambahkan, pemerintah setempat fokus membenahi berbagai destinasi wisata penunjang yang berada di Kota Waingapu dan sekitarnya baik wisata alam mapun laut dan pantai.
Baca juga: Lembaga Adat Kampung Ratenggaro berdayakan warga sadar wisata berbasis tradisi

Dia menyebutkan, selain Taman Matawai, pihaknya juga telah menata objek wisata Pantai Londalima dengan membangun pusat kuliner dan perbaikan lokasi parkir.

"Upaya pembenahan yang dilakukan seperti ini tentu juga untuk memperkaya pilihan berwisata bagi masyarakat lokal sendiri maupun wisatawan dari luar daerah," katanya.
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar