Pemerintah Desa Labuhanratu IX Lamtim Bangun Jogging Track

id Labuhanratu IX Bangun Jogging Track, Jogging Track Labuhanratu IX

Pemerintah Desa Labuhanratu IX Lamtim Bangun Jogging Track

Sarana olahraga joging track di Desa Labuhanratu IX, Kecamatan Labuhanratu, Kabupaten Lampung Timur. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Timur  (Antaranews Lampung) - Melalui Program Gotong Royong Membangun Desa Berbasis Masyarakat (GGRM) Tahun 2018, Pemerintah Desa Labuhanratu IX, Kecamatan Labuhanratu, Kabupaten Lampung Timur membangun jogging track dalam rangka mendukung gaya hidup sehat masyarakat, dan harapannya derajat kesehatan warga desa setempat meningkat.

Ermanita Permatasari, Kepala Desa Labuhanratu IX, di Lampung Timur, Minggu (30/12), menjelaskan sarana olahraga jogging track dibangun di sekeliling lapangan sepak bola Desa Labuhan Ratu IX.

"Tujuan adanya jogging track ini bisa digunakan masyarakat sebagai sarana olahraga, seperti lari pagi, bersepeda, dan juga membuat lapangan terlihat lebih rapi," kata Ermanita.

Menurut Ermanita, melalui Program GGRM Tahun Anggaran 2018 itu pula, dibangun perpustakaan desa.

"Lokasi perpustakaan desa itu berada di samping kantor Desa Labuhanratu IX dan akhir tahun ini akan diresmikan perpustakaanya," kata dia pula.

Dia menjelaskan, perpustakaan desa itu diperuntukkan buat anak-anak dan masyarakat umum.

"Perpustakaan desa ini buat meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat terutama anak-anak, daripada anak-anak kegiatanya kurang positif kita arahkan ke perpustakaan desa," ujar dia.

Mengenai ketersedian buku, kata Ermanita, sejumlah buku sudah tersedia di perpustakaan desa. "Buku sudah ada, buku sudah kita beli, ada pula sumbangan dari masyarakat," ujarnya lagi.

Ermanita menambahkan, Program GGRM Tahun 2018 juga digunakan untuk menyelenggarakan workshop kewirausahaan yaitu kegiatan pelatihan membatik bagi Ibu-ibu, agar ibu-ibu yang tidak bekerja mempunyai keterampilan tambahan. "Sehingga harapannya keterampilan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat," ujarnya lagi.
(BB-ADV)