Belasan juta rupiah dana ZIS disalurkan

id salurkan dana zis,

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Belasan juta rupiah dana zakat fitrah, zakat mal, infak, dan sedekah beserta ribuan kilogram beras disalurkan pengurus Masjid Jami Al Mukmin Kelurahan Sukarame Bandarlampung pada Idul Fitri 1436 Hijriah/2015.

Pengurus Masjid Jami Al Mukmim, Ustad Muslim, di Bandarlampung, Jumat, menyebutkan panitia masjid ini berhasil mengumpulkan dana ZIS lebih dari Rp30 juta, selain sebanyak 1.700 kg lebih beras zakat fitrah umat Islam lingkungan sekitarnya.

"Dana ZIS dan beras zakat fitrah itu telah disalurkan kepada mustahik yang berhak menerimanya sebanyak sekitar 400-an orang, termasuk dana yang dikumpulkan kelompok pengajian ibu-ibu untuk disalurkan pula kepada warga sekitar," ujarnya lagi.

Menurutnya, sepanjang tahun hasil pengumpulan ZIS saat Idulfitri di daerah ini melalui masjid tersebut terus menunjukkan peningkatan yang membuktikan antusiasme dan kepatuhan umat Islam di daerah ini untuk menjalankan kewajiban sesuai ajaran Islam.

Pada ceramah Idulfitri, Ustad Mufid SAg menyampaikan tentang hikmah Ramadan, yaitu dengan berpuasa sebulan penuh dan menjalankan berbagai kewajiban dan anjuran ibadah yang menyertainya, seharusnya terus berbekas pada diri setiap umat Islam yang menjalaninya dalam kehidupan selanjutnya.

"Kita semua perlu mengevaluasi diri, sehingga saat Lebaran dan sesudahnya seharusnya amal ibadah yang kita jalankan terus mengalami peningkatkan dan menjadi semakin baik," ujar dia lagi.

Khatib Salat Idulfitri yang diikuti seribuan umat Islam setempat itu juga mengingatkan, semestinya Ramadan juga mendorong umat Islam menjadi lebih peduli dan aktif membantu sesamanya yang masih kekurangan.

"Selama berpuasa kita menghadapi cobaan dan perjuangan berat menahan haus, lapar, dan godaan yang membatalkan puasa lainnya. Karena itu, selepas Ramadan dan menjalani ibadah puasa, seterusnya setiap umat Islam menjadi lebih peka, lebih peduli dan aktif membantu sesamanya, yaitu sesama umat Islam maupun warga lainnya yang memerlukan pertolongan.

"Kepedulian itu juga tak sebatas umat Islam dan warga negara di Indonesia saja, tapi juga umat Islam dan warga negara lain yang membutuhkan pertolongan dan bantuan kita semua," ujarnya lagi.

Pengumpulan ZIS juga dilakukan masjid dan musala di Bandarlampung melalui panitia masing-masing. Sejumlah umat Islam memilih menyalurkan zakat fitrah dalam bentuk beras maupun uang tunai senilai beras sesuai ketentuan.

Selain zakat fitrah, umat Islam juga menyalurkan zakat, infak, sedekah ke masjid-masjid dan panitia Idulfitri terdekat.