Rayakan Pekan ASI Sedunia, LKC Dompet Dhuafa hadirkan edukasi menyusui

id LKC Dompet Dhuafa, Pekan ASI

Rayakan Pekan ASI Sedunia, LKC Dompet Dhuafa hadirkan edukasi menyusui

Rayakan pekan ASI Sedunia, LKC Dompet Dhuafa hadirkan Emedukasi menyusui. ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Bekasi (ANTARA) - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemberian ASI (Air Susu Ibu) eksklusif sekaligus memperingati Pekan ASI Sedunia, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Jawa Barat memberikan edukasi menyusui di lokasi program Kawasan Sehat Sarimukti. Adapun kegiatan ini berlangsung di 2 lokasi, yaitu Posyandu Sartika 10 dan di desa Sarimukti, Kecamatan Cibitung, Bekasi (13/8).

Rangkaian kegiatan dimulai dari melakukan pretest, pemberian materi hingga pos test, selain itu para peserta yang didominasi oleh ibu-ibu juga diberikan kesempatan untuk diskusi atau tanya jawab kepada para pemateri.

“Materi yang disampaikan lebih kepada menekankan pentingnya pemberian ASI hingga usia 2 tahun dan penerapan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama bayi. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar dari para ahli yang hadir dan juga praktisi di bidangnya, termasuk nutrisionis puskesmas Sarimukti, yaitu ibu Melati selaku Bidan Desa dan ada juga Bidan Husni,” kata Dian dari tim LKC Dompet Dhuafa Jabar.

Selain kegiatan edukasi, ada juga pemberian apresiasi kepada para ibu yang berhasil memberikan ASI eksklusif kepada para bayinya. Apresiasi yang diberikan berupa paket nutrisi untuk mendukung pentingnya kesehatan ibu dan bayi.

“Saya sangat berterima kasih atas bantuan ini dan kegiatan ini juga. Paket nutrisi tentu sangat membantu kami, terutama bagi ibu-ibu yang mungkin masih kurang pengalaman dan pemahaman tentang cara menyusui,” ujar Vin, salah satu penerima manfaat.

Melalui acara ini Dian mengungkapkan bahwa bukan sekedar memberikan edukasi, tetapi juga mempererat hubungan antara masyarakat dan pihak penyelenggara dalam upaya mendukung kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak di Kawasan Sehat Sarimukti.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 31 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (Berita Kerja Sama)