Bawaslu Lampung Selatan ingatkan ASN untuk jaga netralitas jelang Pilkada

id Lampung Selatan ,Bawaslu Lamsel ,Netralitas ASN,Bawaslu Lampung Selatan ingatkan ASN jaga netralitas,ingatkan ASN jaga n

Bawaslu Lampung Selatan ingatkan ASN untuk jaga netralitas jelang Pilkada

Sumiarto, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Lampung Selatan. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) khususnya yang bertugas di wilayah tersebut untuk menjaga netralitas di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024.

"Kami dari Bawaslu Lampung Selatan terus mengingatkan soal netralitas ASN. Karena sebagai lembaga pengawas kami memiliki kewajiban untuk terus melakukan sosialisasi terkait netralitas ASN," kata kata Sumiarto, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Lamsel, di Kalianda, Jumat.

Menurutnya, Bawaslu akan terus melakukan sosialisasi terkait netralitas ASN, agar mereka melanggar aturan dan mendapatkan surat teguran dari pengawas pemilu.

"Larangan terlibat politik praktis apalagi sampai terlibat langsung dukung mendukung maupun kampanye secara aturan sudah jelas netralitas ASN harus mutlak dilaksanakan, karena tugas ASN sudah jelas untuk melayani masyarakat dan jika ingin bergabung di parpol ataupun tim sukses harus mengundurkan diri sebagai ASN," katanya.

Tidak hanya ASN, kata dia, pihaknya juga mengingatkan kepada TNI/Polri dan pejabat negara untuk menjaga integritas dan profesionalisme dengan menjunjung tinggi netralitas berdasarkan peraturan perundang-undangan.

"TNI polri dan pejabat negara tidak berpolitik praktis yang mengarah pada keberpihakan, berafiliasi dengan partai politik, baik sebelum maupun setelah ditetapkannya pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada 2024," ujar dia.

Selain itu, dirinya juga mendorong ASN, TNI, Polri dan pejabat negara untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan terhadap jajaran di instansinya selama proses Pilkada 2024.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk ikut pro-aktif dalam memberikan informasi kepada Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan jika mengetahui adanya oknum ASN terlibat dalam kegiatan salah satu caleg maupun capres yang dilengkapi dengan bukti-bukti kuat.

"Kami terus melakukan sosialisasi dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi agar pemilu dan pilkada 2024 dapat berjalan dengan baik," ujarnya.