PB PON Sumut catat 50.000 orang mendaftar jadi relawan PON 2024

id PB PON, PON Sumut, PON 2024

PB PON Sumut catat 50.000 orang mendaftar jadi relawan PON 2024

Panitia Pekan Olahraga Nasional (PON) Wilayah Sumatera Utara mencatat sekitar 50.000 orang telah mendaftar sebagai volunteer atau relawan yang bertugas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) wilayah setempat (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Panitia Pekan Olahraga Nasional (PON) Wilayah Sumatera Utara menyebutkan sekitar 50.000 orang telah mendaftar sebagai volunteer atau relawan yang bertugas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) wilayah setempat.

"Kalau volunteer sudah ada 50.000 lebih ini yang tercatat sudah mendaftar sejak dibukanya pendaftaran," ujar Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON Sumut Ismael Sinaga, di Medan, Kamis.

Namun, Ismael menjelaskan angka tersebut masih belum memenuhi target dari PB PON Sumut yang menargetkan sebanyak 70.000 volunteer pada ajang olahraga nasional tersebut.

Untuk itu, lanjut dia, proses pendaftaran volunteer yang sebelumnya berakhir pada 31 Juli 2024 ini akan diperpanjang hingga beberapa pekan ke depan.

Pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni terkait penetapan jadwal perpanjangan proses pendaftaran volunteer PON 2024.

"Rencana kita nanti akan tanya Pak PJ Gubernur. Apakah sampai tanggal 15 atau sampai tanggal 30 Agustus," kata dia.

Ismael yang juga merupakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumut ini menjelaskan bahwa pihaknya juga menggencarkan sosialisasi terhadap pelibatan masyarakat dalam menyukseskan ajang olahraga nasional tersebut.

Sosialisasi tersebut, kata dia, melibatkan seluruh elemen masyarakat baik dalam pemerintahan maupun non pemerintahan. Sosialisasi juga digencarkan hingga ke tingkat desa.

"Pak Pj Gubernur Sumut juga telah membuat surat imbauan ke seluruh pimpinan dan anggota organisasi untuk berperan aktif pada PON 2024," kata dia.

Oleh karena itu, Ismael mengatakan bahwa pihaknya optimistis pelibatan masyarakat dalam menyukseskan PON 2024 sebagai volunteer sesuai target yang telah ditetapkan.

"Kepada masyarakat, mari kita ikut serta dengan langsung mengisi formulir di website www.pon2024.id sebagai relawan," ujar dia.