Libatkan 19.800 UMKM, Pemkot Metro targetkan festival dukung ekonomi lokal

id Umkm,Fpn,Pemkotmetro

Libatkan 19.800 UMKM, Pemkot Metro targetkan festival dukung ekonomi lokal

Masyarakat tengah membeli makanan di salah satu stand UMKM yang ada di Samber Park. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Target kita perputaran uang disini bisa melampaui tahun lalu atau sekitar Rp12 miliar.

Metro (ANTARA) - Peringatan Hari Jadi Kota Metro ke-87 tahun 2024 yang dipusatkan di Samber Park ditargetkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus sebagai wahana untuk promosi Kota Metro.

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin mengatakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Metro ke-87 tahun 2024 yang dilaksanakan selama 14 hari di Samber Park diisi dengan berbagai pameran, wahana permainan dan juga bazar UMKM lokal.

"Selama 14 hari peringatan Hari Jadi Kota Metro ke-87 di Samber Park ini banyak kegiatan yang dilaksanakan disini. Ada Festival Putri Nuban, bazar UMKM, wahana permainan pasar malam," kata dia saat diwawancarai, Jumat (14/6) malam.

Wahdi menjelaskan, total terdapat sekitar 19.800 UMKM lokal di Samber Park yang menjual makanan, baju dan lainnya. Selain itu ada juga wahana permainan dan berbagai hiburan seperti Festival Putri Nuban, band dan lain.

Hal ini, dilakukan untuk memancing masyarakat dari luar daerah untuk datang ke Kota Metro, yang tentunya akan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Tujuannya apa yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat karena melibatkan banyak UMKM lokal apalagi pertumbuhan ekonomi kita ini tertinggi di Lampung yaitu 4,38 persen," jelasnya.

"Target kita perputaran uang disini bisa melampaui tahun lalu atau sekitar Rp12 miliar. Tetapi nanti masih akan kita hitung lagi," imbuhnya.

Selain itu, peringatan Hari Jadi Kota Metro ke-87 di Samber Park ini juga salah satu upaya untuk mempromosikan Kota Metro. Pasalnya, kegiatan tersebut banyak dikunjungi oleh masyarakat baik dari Kota Metro maupun dari daerah lainya.

"Banyak masyarakat dari luar daerah yang ke sini, jadi ini sebagai upaya promosi juga apa saja yang ada di Metro dan juga menikmati indahnya Bumi Sai Wawai ini," ucapnya.

"Apalagi memang Kota Metro masuk 10 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Kemudian juga terkenal aman dan kondusif," tambah Wahdi.