PB HMI lantik pengurus HMI Cabang Persiapan Lampung Timur

id Hmicablamtim,hmi lampung timur, muklasin, pb hmi

PB HMI lantik pengurus HMI Cabang Persiapan Lampung Timur

Prosesi pelantikan HMI cabang persiapan Lampung Timur. (ANTARA/Istimewa)

Lampung Timur (ANTARA) - Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Lampung Timur periode pertama atau masa bakti 2023-2024 dilantik Pengurus Besar (PB) HMI, di gedung Islamic Center, Kota Sukadana, Selasa.

Pelantikan ini dilaksanakan oleh PB HMI diwakili Kabid Hukum dan HAM PB HMI Yefri Febriansyah.
Dilaksanakan pula pelantikan Pengurus Korps HMI Wati (Kohati) HMI Cabang Persiapan Lampung Timur oleh Ketua Umum HMI Cabang Persiapan Lampung Timur Muklasin.

Sebagai Ketua Korps HMI Wati HMI Cabang Persiapan Lampung Timur periode 2023-2024 Fitria Chairunisa.

Acara ini dihadiri pengurus PB HMI, pengurus HMI Badko Sumbagsel, anggota DPD RI dan pengurus Majelis Wilayah Kahmi Provinsi Lampung Ahmad Bastian SY, anggota DPRD Provinsi Lampung Garinca Reza Pahlevi.

Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, Kapolres Lampung Timur AKBP M Rijal Muchtar, Kodim 0429 Lampung Timur, instansi pemerintah, Ketua Umum HMI Cabang Metro, Ketua Umum HMI Cabang Bandarlampung, Ketua Umum HMI Cabang Kalianda serta ormas, OKP, organisasi mahasiswa, organisasi pelajar, serta tamu undangan lainnya.


"Adanya HMI di Lampung Timur ini adalah berangkat dari gagasan alumni HMI. Gagasan itu diwujudkan pertama kali melalui LK I pada tahun 2018. Setelah melalui proses pengkaderan yang bertahap dan panjang kurang lebih 5 tahun, sehingga HMI Cabang Persiapan Lampung Timur resmi terbentuk dan pengurus periode yang pertama dilantik seperti yang baru saja kita saksikan bersama sama," kata Muklasin Ketua Umum HMI Cabang Persiapan Lampung Timur.

Muklasin menyampaikan,terima kasih kepada Pendiri KAHMI Lampung Timur dan Ketua Umum KAHMI Lampung Timur periode pertama  Azwar Hadi, dan Ketua KAHMI Lampung Timur periode kedua  Garinca Reza Pahlevi yang menginisiasi  hadirnya HMI di Lampung Timur.

"Lengkap sudah di Lampung Timur, ada KAHMI dan HMI di Lampung Timur. Terima kasih alumni HMI atas dukungannya. Terima kasih kader-kader HMI Cabang Persiapan Lampung Timur yang telah berjuang. Terima kasih pula kepada HMI Cabang Metro, HMI Cabang Bandarlampung, HMI Cabang Lampung Selatan, HMI Badko Sumbagsel, PB HMI," ujarnya melanjutkan.

Dia menyatakan, hadirnya HMI di Lampung Timur akan andil serta berkolaborasi bersama stakeholder, dan pemerintah daerah untuk bersama sama mewujudkan  tujuan bernegara yakni mewujudkan masyarakat adil sejahtera.

"HMI di Lampung Timur akan mencapai tujuannya dalam pasal 4 AD HMI yakni terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam, dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT," tegasnya.


Kabid Hukum dan HAM PB HMI  Yefri Febriansyah berpesan  kader HMI Cabang Persiapan Lampung Timur menjadi mitra strategis dan kritis kepada pemerintah daerah.

"Saya berpesan juga, paska dilantik, pengurus banyak melakukan kegiatan sosial dengan kajian rutinitas akademis  yang berefek membangun daerah Lampung Timur," ujar mantan Ketua Umum HMI Cabang Bandarlampung ini.

Senada dengan PB HMI,  Anggota DPRD Provinsi Lampung Garinca Reza Pahlevi berpesan agar HMI di Lampung Timur bersama-sama dengan kelompok Cipayung mengambil peran penting di daerahnya.

"Bagaimana membangun organisasi-organisasi mahasiswa di Lampung Timur bisa hidup, mempunyai suara yang vokal, dan memunculkan tokoh-tokoh daerah dari rahim organisasinya, begitu pula organisasi kepemudaan lainnya yang ada di Lampung Timur," ujarnya.

Sedangkan Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengungkapkan rasa bahagianya di acara pelantikan. Dia teringat semasa masih mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Metro dan menjadi Ketua Umum HMI Cabang Metro pada tahun 1996.

'Saya masih hafal mars HMI. Saya kangen, 28 tahun lalu, saya jadi Ketua Umun HMI Cabang Metro dilantik begini juga, senang rasanya," ujarnya.

Azwar Hadi berharap pengurus dilantik dapat mengemban amanah dengan baik.

Sebagai wakil kepala daerah, dia membuka diri untuk HMI menjadi mitra strategis dan kritis pemerintah daerah yang sifatnya membangun dan solutif.

Adapun anggota DPD RI  Ahmad Bastian SY berpesan agar HMI Cabang Persiapan Lampung Timur konsisten pada tujuan HMI pada pasal 4 AD HMI yakni terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam, dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.